SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

SURVEI TINGKAT KAPASITAS OKSIGEN MAKSIMAL (VO2 MAKS) PEMAIN BULUTANGKIS PB SMASH KOTA MALANG

ACHMAD FURQON BILDHONNY

Abstrak


ABSTRAK

 

Bildhonny, Achmad, Furqon. 2015. Survei Tingkat KapasitasOksigenMaksimal (VO2Maks) PemainBulutangkis PB Smash Kota Malang. Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) I NengahSudjana, S.Pd, M.Pd, (2) dr. RiasGesangKinanti, M.Kes.

 

Kata kunci: KapasitasOksigenMaksimal (VO2Maks), PemainBulutangkis PB Smash Kota Malang.

VO2 maks adalah jumlah maksimal oksigen yang dapat dikonsumsi selama aktivitas fisik yang intens sampai akhirnya terjadi kelelahan, karena VO2 maks ini dapat membatasi kapasitas kardiovaskuler seseorang, maka VO2 maks dianggap sebagai indikator terbaik dari ketahanan aerobik.Olahraga bulutangkismerupakan kegiatan olahraga dengankombinasi antara aktivitas aerobik dananaerobik yang lebih dominan, maka dari itu permainan bulutangkis sangat membutuhkan kondisi fisik yang prima, karena jika terjadi kelelahan konsentrasi seorang pemain akan menurun, sehingga tanpa konsentrasi yang prima terhadap suatu permainan sudah hampir dipastikan kegagalan yang akan diterima.

Tujuanpenelitianiniyaituuntukmengetahuitingkatkapasitasoksigenmaksimal (VO2maks) PemainBulutangkis PB Smash Kota Malang denganmengukurkemampuantubuhpemaindalammengkonsumsioksigensecaramaksimalmelaluiteslarimultitahap.

Penelitian ini menggunakanmetodepenelitiandeskriptifkuantitatif, denganmenggunakanpendekatansurvei.Subjekpenelitianiniadalahpemainbulutangkis PB Smash Kota Malang denganjumlahsubjek 25 pemain.Padapenelitianini, instrumen yang digunakanadalahteslarimultitahapyang hasilnyadikonversikanpadatabelnilaiprediksi VO2Makskemudianhasiltersebutdikategorikanmenuruttabelnormakategori. Hasildaritabelnormakemudiandipersentasekansesuaidengankategoripencapaiantespemainbulutangkis.

Hasil tes lari multitahap menunjukkan bahwa terdapat 2pemain (8%) tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks)dengan kategori Baik, 6pemain (24%) tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) dengan kategori Sedang, 5pemain (20%) tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) dengan kategori Buruk, 12 pemain (48%) tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) dengan kategori Buruk Sekali dan tidak ada satupun pemain atau 0% tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) dengan kategori Superior dan Baik Sekali.

Berdasarkanhasilpenelitianmenunjukkanbahwatingkat VO2Makspemainbulutangkis PB Smash Kota Malang masihjauhdibawah rata-rata standarpemainbulutangkis.Olehkarenaitudisarankanbagipemainuntukmeningkatkan VO2Maks, danbagipelatihdisarankanuntukmemberi program latihanfisikuntukmeningkatkan VO2Makspemainnya agar dapatmencapaiprestasi yang diharapkan.