SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN FISIK DI DARAT UNTUK BODY POSITION RENANG GAYA KUPU-KUPU BAGI SISWA EKSTRAKURIKULER RENANG DI SMP NEGERI 18 MALANG

MUKHAMMAD AINUN NAJIB MASRURI

Abstrak


ABSTRAK

 

Masruri, Mukhammad Ainun Najib. 2014. Pengembangan Model Latihan Fisik di Darat untuk Body Position Renang Gaya Kupu-kupu bagi Siswa Ekstrakurikuler Renang di SMP N 18 Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mulyani Surendra, M.S (II) Usman Wahyudi, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: latihan fisik di darat, body position, gaya kupu-kupu

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti pada siswa ekstrakurikuler renang di SMP N 18 Malang, siswa menyatakan bahwa latihan renang gaya kupu-kupu kurang bervariasi. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada 27 siswa ekstrakurikuler renang di SMP N 18 Malang, dengan hasil sebagai berikut: siswa membutuhkan latihan fisik di darat sebagai variasi latihan renang gaya kupu-kupu, latihan gaya kupu-kupu menekankan pada teknik body position, membutuhkan sebuah panduan latihan fisik di darat untuk body position renang gaya kupu-kupu dan panduan yang digunakan adalah buku.

Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan model latihan fisik di darat untuk body position renang gaya kupu-kupu. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam latihan, agar siswa tidak bosan dengan latihan renang gaya kupu-kupu yang nantinya bisa meningkatkan kemampuan untuk melakukan gerakan dasar renang gaya kupu-kupu.

Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development dari Borg dan Gall. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar.

Hasil pengembangan model latihan fisik di darat untuk body position renang gaya kupu-kupu bagi siswa ekstrakurikukuler renang di SMP N 18 Malang diperoleh data sebagai berikut: (1) justifikasi ahli latihan fisik, diperoleh hasil bahwa model-model latihan dapat diujicobakan, akan tetapi ada satu latihan yang menurut saran ahli, latihan tersebut tidak dapat diujicobakan, (2) justifikasi pelatih ekstrakurikuler renang diperoleh hasil bahwa model-model latihan dapat diujicobakan, (3) justifikasi ahli media diperoleh hasil bahwa produk dapat diujicobakan, (4) uji coba tahap I (uji coba kelompok kecil) sebesar 78-86% (baik dan sangat baik), (5) uji coba tahap II (uji coba kelompok besar) sebesar 82-89% (sangat baik). Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model latihan fisik di darat untuk body position renang gaya kupu-kupu bagi siswa ekstrakurikuler renang di SMP N 18 Malang menarik untuk dilakukan, menyenangkan untuk dilakukan, aman untuk dilakukan, mudah untuk dilakukan, serta bermanfaat untuk siswa ekstrakurikuler renang di SMP N 18 Malang.

Saran dari peneliti adalah sebagai berikut: (1) Latihan fisik di darat dalam pengembangan “Model Latihan Fisik di Darat untuk Body Position Renang Gaya Kupu-kupu bagi Siswa Ekstrakurikuler Renang di SMP N 18 Malang” yang dikembangkan ini diharapkan dikembangkan lagi supaya lebih banyak dan lebih variatif sehingga dapat mencapai tujuan latihan renang gaya kupu-kupu yang maksimal, (2) Untuk subjek penelitian diharapkan lebih luas, tidak hanya di ekstrakurikuler renang di SMP N 18 Malang saja, tetapi juga untuk siswa ekstrakurikuler renang di sekolah-sekolah di Kabupaten/Kota yang lain, (3) Hasil pengembangan ini hanya sampai tersusun sebuah produk, belum sampai pada tingkat efektivitas produk yang dikembangkan jadi sebaiknya dilanjutkan pada penelitian mengenai efektivitas produk yang dikembangkan, (4) Mengembangkan produk lebih lanjut untuk gaya-gaya renang yang lain.