SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Panduan Macam-Macam Teknik Forehand Overhead dan Servis Backhand Pada Olahraga Bulutangkis Untuk Anak Umur 9-11 Tahun Di Klub Pb Eka Jaya Krembung Porong.

diana ayu masruroh

Abstrak


ABSTRAK

 

Masruroh, Diana Ayu, 2015. Pengembangan Buku Panduan Macam-Macam Teknik Forehand Overhead dan Servis Backhand Pada Olahraga Bulutangkis Untuk Anak Umur 9-11 Tahun Di Klub Pb Eka Jaya Krembung Porong. Skripsi Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) I Nengah Sudjana S.Pd. M.Pd, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

kata kunci: olahraga bulutangkis, teknik pukulan forehand overhead dan servis backhand

Banyak hal yang menunjang kesehatan tubuh, termasuk mengkonsumsi makanan yang bergizi.Tidak hanya mengkonsumsi makanan yang bergizi tetapi olahraga juga menunjang badan yang sehat tidak hanya sehat jasmani tetapi rohani, olahraga bulutangkis termasuk olahraga yang baik dan menyehatkan tubuh. Dalam olahraga bulutangkis hal utama yang harus dipelajari adalah teknik dan taktik karena itu adalah hal utama untuk menunjang keberhasilan. Dari 26 anak yang melakukan tes keterampilan forehand overhead yang mampu mencapai garis belakang lawan 37,22 % sedangkan servis backhand yang mampum encapai garis belakang lawan 39,49 %.

Tujuan penelitian adalah mengembangkan buku panduan macam teknik pukulan forehand overhead dan servis backhand dalam olahraga bulutangkis di PB Eka Jaya Krembung Porong.

Metode penelitian ini menggunakan metode pengembangan, model penelitian merujuk pada model pengembangan Borg and Garl. Namun peneliti memodifikasi model tersebut sehingga sesuai dengan kebutuhan penelitian. Langkah-langkah yang diambil dari Wayan Ardhana yaitu (1) Analisis kebutuhan observasi lapangan, (2) Pembuatan produk awal, (3) Evaluasi ahli, (4) Uji coba kelompok kecil yang menggunakan 6 subjek, (5) Revisi Produk, (6) uji coba kelompok besar menggunakan 20 subjek, (7) Revisi produk akhir dan hasil akhir produk tercipta.

Dari  penelitian dan pengembangan serta prosedur yang dilakukan diatas, dihasilkan produk yaitu pengembangan teknik pukulan forehand overhead dan servis backhand. Hasil untuk uji coba kelompok kecil 84 % dan uji coba kelompok besar 92,15 %. Spesifikasi produk pengembangan buku ini yaitu teknik pukulan forehand overhead dan servis backhand yang dikemas dalam bentuk buku.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk produk buku panduan teknik-teknik pukulan forehand overhead dan servis backhand dikembangkan lagi supaya lebik menarik sehingga dapat mencapai tujuan yang maksimal dan bermanfaat.