SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Panjang Tungkai dan Power Tungkai dengan Akurasi Menendang bola ke Gawang pada Pemain SSB Putra Pandaan Usia 16 Tahun Pasuruan

DEDY DWI CANDRA AUGUSTA

Abstrak


ABSTRAK

 

Augusta, Dedy Dwi Candra. 2015. Hubungan Panjang Tungkai dan Power Tungkai dengan Akurasi Menendang bola ke Gawang pada Pemain SSB Putra Pandaan Usia 16 Tahun Pasuruan. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Agus Gatot Subiyantoro, M.Kes, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

Kata Kunci: panjang tungkai, power tungkai, akurasi menendang bola ke  gawang.

Sepakbola adalah salah satu cabang olahraga beregu yang dimainkan 2 tim, setiap regu terdiri dari 11 orang. Untuk menjadi pemain sepakbola yang baik, haruslah memiliki teknik dasar sepakbola yang baik. Seorang pemain sepakbola selain harus menguasai teknik dasar yang benar juga harus mempunyai kondisi fisik yang baik. Salah satu contoh teknik harus dimiliki yaitu akurasi menendang ke gawang

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) untuk mengetahui hubungan panjang tungkai dengan akurasi menendang bola ke gawang pada pemain SSB Putra Pandaan usia-16 tahun Kabupaten Pasuruan, (2) untuk mengetahui hubungan power tungkai dengan akurasi menendang bola ke gawang pada pemain SSB Putra Pandaan usia 16 tahun Kabupaten Pasuruan, (3) untuk mengetahui panjang tungkai dan power tungkai secara bersama-sama dengan akurasi menendang bola ke gawang pada pemain SSB Putra Pandaan usia-16 tahun Pasuruan.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian non-eksperimental dengan jenis penelitian korelasional. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang pemain SSB Putra Pandaan usia-16 tahun, sehingga penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu antropometri, leg dynamometer dan akurasi menendang bola ke gawang.

Berdasarkan analisis data, diperoleh tiga hipotesis penelitian sebagai berikut. Yang pertama yaitu diperoleh = 0.792,  = 0.355 dengan taraf signifikansi 5% (0.355), karena  >  maka ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai bawah dengan akurasi menendang ke gawang. Yang kedua yaitu diperoleh  = 0,676,  = 0.355dengan taraf signifikansi 5% (0.355), karena  >  maka ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai atas dengan akurasi menendang ke gawang. Dan yang ketiga diperoleh() = 0,854 >  = 0,355, dengan taraf signifikansi 5% (0.355), maka ada hubungan yang signifikan antara panjang tungkai dan power tungkai dengan akurasi menendang ke gawang.

Dari hasil diatas maka dapat diberikan saran, yaitu untuk para pelatih dan pendidik olahraga pengukuran panjang tungkai dan power tungkai mempengaruhi seseorang dalam melakukan tendangan ke gawang.