SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penyusunan Tes Keterampilan Permainan Woodball untuk Pemain Putra UM Woodball Club

FAHMI HIDAYATULLAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Hidayatullah, Fahmi. 2015. Penyusunan Tes Keterampilan Permainan Woodball untuk Pemain Putra UM Woodball Club. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setyo Budiwanto, M.Kes (II) Drs. Supriatna, M.Pd

Kata Kunci: tes dan pengukuran, woodball.

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan peneliti kepada pemain putra UM Woodball Club pada tanggal  3-9 Februari 2014, keseluruhan pemain melakasnakan latihan dan melatih teknik pukulan jarak jauh, pukulan jarak sedang, pukulan jarak dekat, dan pukulan penyelesaian. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada 20 pemain putra UM Woodball Club, dengan hasil sebagai berikut: seluruh pemain tidak mengetahui tentang adanya tes dan pengukuran Woodball sebelumnya, seluruh pemain tidak pernah melaksanakan tes dan pengukuran hasil latihan yang telah dilakukan yang menyebabkan hasil latihan yang mereka lakukan tidak pernah diukur, pemain putra UM Woodball Club menjawab bahwa perlu dilakukan penyususnan tes keterampilan permainan Woodball yang memiliki validitas dan reliabilitas tes yang sangat baik. Dari klasifikasi teknik-teknik yang sering digunakan oleh pemain pada saat bermain, didapatkan teknik pukulan jarak jauh, teknik pukulan jarak dekat, dan teknik pukulan penyelesaian menjadi teknik yang sangat sering digunakan pada saat bermain Woodball.

Penelitian ini bertujuan untuk menyusun tes keterampilan permainan Woodball. Jumlah tes yang disusun ada 3 macam sesuai dengan klasifikasi teknik-teknik yang sering digunakan ketika bermain Woodball. Diharapkan tes keterampilan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai alat untuk mengevaluasi hasil latihan yang dilakukan oleh pemain putra UM Woodball Club.

Dalam penelitian ini, peneliti mengacu pada langkah-langkah penyusunan tes keterampilan olahraga dari Scott, Gladys dan French, Esther yang terdiri dari 10 langkah penyusunan tes. Subyek dalam penelitian ini yaitu sebanyak 20 orang pemain putra UM Woodball Club. Dalam pengambilan data, instrumen yang digunakan berupa  kuesioner pada analisis kebutuhan, hasil pertandingan digunakan sebagai kriteria pembanding tes, penerapan tes eksperimen, kuesioner untuk uji ahli tes pengukuran dan ahli permainan. Analisis data dalam mencari koefisien validitas tes, peneliti menggunakan teknik korelasi Product Moment dari pearson. Koefisien validitas tes didapatkan dari hasil korelasi antara tes eksperimen dengan kriteria pembanding. Analisis data dalam menentukan reliabilitas tes, menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Koefisien reliabilitas tes didapatkan melalui pengkorelasian hasil tes eksperimen dengan hasil tes eksperimen yang diulang (menggunakan teknik test-retest).

Hasil penyusunan tes keterampilan permainan Woodball untuk pemain putra UM Woodball Club diperoleh hasil sebagai berikut: (1) evaluasi ahli permainan sebesar 88% (sangat baik), (2) evaluasi dari ahli bidang evaluasi pendidikan jasmani 82,6% (sangat baik),  (3) uji coba kelompok kecil sebesar 90,7% (sangat baik), (4) uji coba tahap kelompok besar sebesar 92,3% (sangat baik), (5) koefisien validitas butir tes dan pengukuran pukulan jarak jauh 0,92 (sangat baik) dengan koefisien reliabilitas 0,98 (sangat baik), (6) koefisien validitas butir tes dan pengukuran pukulan jarak dekat 0,91 (sangat baik) dengan koefisien reliabilitas 0,98 (sangat baik), (7) koefisien validitas butir tes dan pengukuran pukulan penyelesaian validitas 0,95 (sangat baik) dengan koefisien reliabilitas 0,97 (sangat baik). (8) koefisien korelasi berganda tes dan pengukuran keterampilan permainan Woodball ini adalah R = 0,96, (9) persamaan regresi tes dan pengukuran keterampilan permainan Woodball untuk pemain putra UM Woodball Club adalah Ŷ = 0,28.X1 + 0,16.X2 + 1,13.X3 + 6,20.

Dengan adanya tes dan pengukuran ini diharapkan pemain putra UM Woodball Club memiliki alat evaluasi yang dapat digunakan untuk mengetahui hasil latihan yang telah dilakukan.