SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI LIMIT FUNGSI ALJABAR SMA KELAS X DENGAN CIRI PENDEKATAN SAINTIFIK

Dhana Fah Rezha

Abstrak


ABSTRAK

 

Rezha, Dhana Fah. 2015.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Limit Fungsi Aljabar SMA Kelas X dengan Ciri Pendekatan Saintifik. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra.Santi Irawati, M.Si, Ph.D.

 

Kata Kunci : perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik, limit fungsi aljabar

Pembelajaran matematika dalam kurikulum 2013 adalah pembelajaran berbasis aktivitas dimana karakteristik dari pembelajaran ini adalah menitikberatkan pada pemberian ruang yang cukup bagi kreativitas dan kemandirian siswa. Untuk itu, guru sebagai perencana dan pengelola pembelajaran diharapkan dapat mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapatdiimplemtasikan dalam rangka mengaktifkan siswa sekaligus memberi ruang yang cukup bagi siswa untuk mengembangkan kreativitas dan kemandiriannya.Perangkat yang dimaksud adalah perangkat pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintifik Sayangnya, banyak guru kesulitan dalam menerapkan pendekatan tertentu dalam pengembangan RPP dan menggunakan LKS yang kurang sesuai sehingga pembelajaran yang direncanakan tidak mencerminkan pendekatan yang dipilih. Oleh karena itu, peneliti bermaksud mengembangkan perangkat pembelajaran materi limit fungsi aljabar.

Perangkat pembelajaran berciri saintifik adalah perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang menggunakan lima kegiatan  ilmiah diawali dengan kegiatan mengamati suatu fenomena atau permasalahansebagai titik awal pembelajaran, membuat pertanyaan yang mengarah ke hipotesis, mengumpulkan informasi untuk menarik kesimpulan, menarik kesimpulan, dan mengomunikasikan hasil yang telah. Tujuan pengembangan yang dilakukan adalah menghasilkan perangkat pembelajaran materi limit fungsi aljabar berciri saintifik yang valid, praktis, dan efektif.

 Model pengembangan sebagian besar mengacu pada model pengembangan Plomp. Adapun tahapan model pengembangan Plomp dalam Hobri (2010:17), terdiri atas: (1) tahap investigasi awal, (2) tahap desain, (3) tahap realisasi/konstruksi, dan tahap (4) tahap tes, evaluasi, dan revisi. Dalam penelitian ini, dilakukan tiga uji terhadap kualitas produk pengembangan yaitu: (1) uji kevalidan, (2) uji kepraktisan, (3) uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari satu orang dosen matematika dan dua orang praktisi. Sedangkan uji kepraktisan dan uji keefektifan dilakukan dengan melakukan uji coba produk pada 27 orang siswa kelas X sebagai subjek uji coba yang diamati oleh satu orang praktisi dan satu orang observer.

Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil yaitu: (1) skor kevalidan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3,367 dan 3,38, (2) skor kepraktisan RPP dan LKS berturut-turut adalah 3,65 dan 3,42, dan (3) persentase siswa yang mendapatkan nilai di atas SKM adalah 85,2 % yang ditunjukkan dengan semua subjek uji coba memperoleh nilai akhir KD 3.18 lebih dari atau sama dengan 75. Dengan demikian, perangkat pembelajaran materi barisan limit fungsi aljabar berciri saintifik yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Meskipun perangkat pembelajaran telah dinyatakan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, revisi berdasarkan saran dari validator dan hasil uji coba tetap dilakukan untuk penyempurnaan produk yang dikembangkan.