SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengembangan variasi model latihan teknik dasar passing dan shooting dalam permainan futsal peserta ekstrakurikuler di SMP Muhammadiyah 2 Malang

gigieh karunia sasongko

Abstrak


ABSTRAK

 

Sasongko, Gigieh Karunia. 2015. Pengembangan Variasi Model Latihan Teknik Dasar Passing Dan Shooting Dalam Permainan Futsal Peserta Ekstrakurikuler Di SMP Muhammadiyah 2 Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Gatot S. M,Kes (II) dr. Rias Gesang K. M, Kes

 

Kata Kunci: latihan teknik dasar passing dan shooting, peserta ekstrakurikuler

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan peneliti kepada peserta ekstrakurikuler futsal di SMP Muhammadiyah 2 Malang pada tanggal 09 Januari 2015, latihan passing dan shooting yang dilakukan tidak efektif dan tidak sesuai dengan yang diharapkan, serta belum adanya panduan yang jelas dan pasti dalam melaksanakan program latihan passing dan shooting. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada 30 peserta ekstrakurikuler futsal di SMP Muhammadiyah 2 Malang, dengan hasil sebagai berikut: peserta ekstrakurikuler futsal di SMP Muhammadiyah 2 Malang menjawab sangat perlu dikembangkannya latihan teknik dasar passing dan shooting dan membutuhkan variasi model latihan teknik dasar passing dan shhoting, peserta ekstrakurikuler futsal di SMP Muhammadiyah 2 Malang juga membutuhkan panduan dalam melaksanakan latihan teknik dasar passing dan shooting dan dikemas dalam bentuk buku panduan.

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan variasi model latihan teknik dasar passing dan shooting dalam permainan futsal peserta ekstrakurikuler SMP Muhammadiyah 2 Malang. Serta dengan adanya model latihan tersebut dapat meningkatkan kemampuan passing dan shooting serta dapat menjadi solusi dalam latihan.

Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development (R&D) dari Borg dan Gall. Dan Langkah-langkah dalam penelitian dan pengembangan ini mengacu pada konsep dari Ardhana, yaitu bahwa setiap pengembang berhak memilih langkah-langkah yang paling tepat untuk penelitiannya berdasar kondisi yang dihadapi. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.

Hasil pengembangan variasi model latihan teknik dasar passing dan shooting dalam permainan futsal peserta ekstrakurikuler di SMP Muhammadiyah 2 Malang diperoleh data sebagai berikut: (1) justifikasi ahli kepelatihan sebesar 83,33% (sangat valid), (2) justifikasi ahli bidang futsal sebesar 85,60% (sangat valid), (3) justifikasi ahli media sebesar 82,00% (sangat valid),  (4) uji coba kelompok kecil sebesar 81,54% (sangat valid), (5) uji coba tahap kelompok besar sebesar 82,97% (sangat valid). Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa variasi model latihan teknik dasar passing dan shooting dalam permainan futsal peserta ekstrakurikuler di SMP Muhammadiyah 2 Malang menarik untuk dilakukan, aman untuk dilakukan, mudah untuk dilakukan, tepat untuk dilakukan, serta bermanfaat untuk peserta ekstrakurikuler futsal di SMP Muhammadiyah 2 Malang. Produk yang dikembangkan berupa model latihan yang baru, dan mengutamakan waktu latihan yang efektif dengan cara menambahkan repetisi dan jarak dalam setiap latihan. Latihan aman dilakukan karena setiap model latihan dilakukan bergantian. Latihan mudah untuk dilakukan dengan konsep langkah-langkah yang mudah dipahami. Latihan tepat untuk peserta ekstrakurikuler futsal di SMP Muhammadiyah 2 Malang karena diadaptasikan dengan ciri-ciri latihan pada umumnya dan latihan passing dan shooting dalam permainan futsal khususnya. Kemanfaatan latihan sangat dominan karena untuk mempermudah peserta ekstrakurikuler futsal di SMP Muhammadiyah 2 Malang dalam melaksanakan latihan passing dan shooting. Pengembangan variasi model latihan teknik dasar passing dan shooting dalam permainan futsal peserta ekstrakurikuler di SMP Muhammadiyah 2 Malang ini dapat membantu peserta ekstrakurikuler futsal lebih semangat dan antusias dalam mengikuti latihan.

Hasil dari penelitian ini adalah 4 macam variasi model latihan passing dan 4 macam variasi model latihan shooting dalam permainan futsal dan dikemas kedalam buku panduan. Dimana terdapat 4 macam variasi model latihan teknik dasar passing dan 4 macam variasi model latihan teknik dasar shooting, lalu ada petunjuk pelaksanaan dan alat-alat yang digunakan. (1) Variasi latihan dasar passing 1 menggunakan 3 orang untuk latihan melakukan passing, dibentuk beberapa kelompok dan bergantian, (2) variasi latihan dasar passing 2 menggunakan 3 orang untuk melakukan latihan passing dibentuk beberapa kelompok dan bergantian, (3) variasi latihan dasar passing 3 menggunakan 7 orang untuk melakukan latihan dasar passing dibentuk beberapa kelompok dan bergantian, (4) variasi latihan dasar passing 4 menggunakan 6 orang untuk melakukan latihan dasar passing dibentuk beberapa kelompok dan bergantian (5) variasi latihan dasar shooting 1 menggunakan keseluruhan peserta untuk melakukan latihan dasar shooting terdiri dari 1 penjaga gawang dan sisanya menjadi penendang dibagi 2 kelompok, (6) variasi latihan dasar shooting 2 menggunakan 1 penjaga gawang dan 1 pemain melakukan rebound dan peserta lainnya melakukan shooting di bagi 2 kelompok dan bergantian, (7) variasi latihan dasar shooting 3 menggunakan 1 penjaga gawang dan 1 pemain melakukan rebouend dan peserta lainnya melakukan shooting di bagi 2 kelompok dan bergantian, (8) variasi latihan dasar shooting 4 menggunakan 1 penjaga gawang, 1 orang passing 1 orang rebound dan 1 orang shooting di bagi 2 kelompok dan bergantian.