SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Shooting Volley Dalam Sepakbola Untuk Siswa SSB PUTRA ARJUNA Bakalan Usia 15-17 Tahun di Kabupaten Pasuruan

moch. amin faris maulidin azmi

Abstrak


ABSTRAK

 

Azmi, Moch, Amin Faris Maulidin. 2015. Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Shooting Volley Dalam Sepakbola Untuk Siswa SSB PUTRA ARJUNA Bakalan Usia 15-17 Tahun di Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Saichudin, M. Kes (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: Pengembangan, model latihan, shooting volley dalam sepakbola

Shooting volley dalam sepakbola adalah menendang bola hasil umpan lambung tanpa menunggu bola menyentuh tanah atau bola masih melayang di udara. Observasi awal yang dilakukan peneliti pada sekolah sepakbola SSB PUTRA ARJUNA Bakalan Kabupaten Pasuruan usia 15-17 tahun, siswa dan pelatih menyatakan bahwa model latihan shooting volley belum bervariasi. Sesuai penelitian awal yang dilakukan melalui penyebaran kuesioner analisis kebutuhan kepada 20 siswa SSB PUTRA ARJUNA Bakalan Kabupaten Pasuruan usia 15-17 tahun dan wawancara kepada pelatih PUTRA ARJUNA Bakalan Kabupaten Pasuruan usia 15-17 tahun dengan hasil sebagai berikut: siswa SSB PUTRA ARJUNA Bakalan Kabupaten Pasuruan usia 15-17 tahun membutuhkan model latihan shooting volley yang bervariasi, model latihan shooting volley yang dikembangkan berupa video animasi.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model latihan shooting volley dalam permainan sepakbola di SSB PUTRA ARJUNA Bakalan Kabupaten Pasuruan usia 15-17 tahun berupa video animasi. Diharapkan hasil pengembagan ini dapat menjadi solusi dalam meningkatkan kemampuan shooting volley siswa SSB PUTRA ARJUNA Bakalan Kabupaten Pasuruan usia 15-17 tahun.

Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg dan Gall. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli (ahli media dan ahli kepelatihan sepakbola), uji coba kelompok kecil dan kelompok besar.

Hasil pengembangan model latihan shooting volley di SSB PUTRA ARJUNA Bakalan Kabupaten Pasuruan usia 15-17 tahun diperoleh data sebagai berikut: (1) justifikasi ahli media sebesar 83.33% sangat valid (dapat digunakan), (2) justifikasi ahli kepelatihan sepakbola sebesar 84.90% sangat valid (dapat digunakan), (3) uji coba tahap I (uji coba kelompok kecil) sebesar 84.14% sangat valid (dapat digunakan), (4) uji coba tahap II (uji coba kelompok besar) sebesar 81.68% sangat valid (dapat digunakan).

Pengembangan dan prosedur yang telah dilakukan, maka diperoleh model latihan shooting volley dalam permainan sepakbola di SSB PUTRA ARJUNA Bakalan Kabupaten Pasuruan usia 15-17 tahun mudah untuk dilakukan, menarik untuk dilakukan, bermanfaat untuk dilakukan, dan sesuai untuk meningkatkan kemampuan shooting volley dalam sepakbola. Dengan demikian pengembangan model latihan shooting volley dapat digunakan di SSB PUTRA ARJUNA Bakalan Kabupaten Pasuruan usia 15-17 tahun.