SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model-Model Latihan Teknik Dasar Penjaga Gawang Sepakbola Dengan Bola Tenis Melalui Media Video Tutorial di Kecamatan Gumukmas

ARIF RACHMAN HAKIM

Abstrak


ABSTRAK

 

Hakim, Arif Rachman. 2015. Pengembangan Model-Model Latihan Teknik Dasar Penjaga Gawang Sepakbola Dengan Bola Tenis Melalui Media Video Tutorial di Kecamatan Gumukmas. Skripsi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I): Dr. Saichudin, M.Kes Pembimbing (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci:  pengembangan, model-model latihan, penjaga gawang sepakbola

Penjaga gawang adalah seorang pemain khusus dalam sepakbola yang diperbolehkan memegang bola dengan tangan, yang bertujuan untuk menghalau pemain lawan dalam menceta gol. Untuk menjadi penjaga gawang yang baik dibutuhkan teknik dasar yang baik. Teknik dasar adalah kemampuan dasar yang harus dimiliki guna menunjang performa saat bertanding.

Dari hasil analisis kebutuhan diperoleh hasil 13 penjaga gawang 86,67% belum pernah mendapatkan latihan khusus untuk penjaga gawang, persentase sebesar 80% atau 12 penjaga gawang kurang menguasai teknik dasar penjaga gawang, persentase sebesar 93,33 % atau 14 penjaga gawang tertarik untuk mendapatkan latihan khusus untuk penjaga gawang

Tujuan dari penelitian ini guna mengembangkan model latihan bagi penjaga gawang agar bervariasi dan dapat meningkatkan performa dari penjaga gawang yang ada di Kecamatan Gumukmas ketika bertanding.

Prosedur pengembangan model latihan teknik dasar penjaga gawang melalui tahap yang digunakan sebagai berikut: (1) penentuan tema, (2) pembuatan produk awal, (3) Justifikasi produk, (4) Revisi Produk, (5) uji coba produk pada kelompok kecil (6) Revisi produk, (7) Uji coba pada kelompok besar, (8) Revisi produk akhir.

Lokasi penelitian dilakukan di Kecamatan Gumukmas dengan memilih 3 tim antara lain Mastra FC, PS. Oscar, PS. Putra Bima. Sebelum dilakukan uji coba produk, terlebih dahulu dilakukan ustifikasi oleh ahli latihan dan juga ahli media. Uji coba kelompok kecil dilakukan oleh 7 penjaga gawang, uji coba kelompok besar dilakukan oleh 16 penjaga gawang di Kecamatan Gumukmas, sampel dipilih secara random sampling.

Dari prosedur dan pengembangan yang telah dilakukan, maka didapat hasil pengembangan model latihan teknik dasar penjaga gawang dalam sepakbola pada penjaga gawang sepakbola di Kecamatan Gumukmas.

Berdasar hasil penelitian ini, disarankan agar dilakukan uji coba secara berulang-ulang pada kelompok yang lebih besar lagi agar terdapat perbaikan dari produk yang telah dibuat.