SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Shooting Futsal pada Ektrakurikuler Futsal SMP Negeri 15 Malang

OKY HENDRA WIRAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Wirawan, Oky Hendra. 2015. Pengembangan Model Latihan Shooting Futsal pada Ektrakurikuler Futsal SMP Negeri 15 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hariyoko, M.Pd. (2) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata Kunci: pengembangan, video model latihan shooting, futsal

Futsal adalah permainan seperti sepakbola yang dilakukan di dalam ruangan. Dalam permainan futsal terdapat teknik dasar shooting yang merupakan aspek penting dalam menciptakan gol. Berdasarkan hasil wawancara dan pengamatan di lapangan pada ektrakurikuler futsal SMP Negeri 15 Malang,  siswa jarang mendapatkan variasi latihan teknik dasar shooting futsal sehingga siswa jenuh dengan latihan yang diberikan oleh pelatih. Hal ini disebabkan karena pelatih sendiri kurang menguasai teknik shooting futsal yang benar. Sedangkan pengamatan saat berlatih dan bertanding, intensitas dan kualitas pemain dalam melakukan shooting sangat kurang, hal ini berakibat pada penyelesaian akhir yang buruk sehingga menyebabkan sedikitnya jumlah gol yang tercipta.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan shooting futsal menggunakan media audio visual untuk mempermudah siswa dalam melakukan latihan teknik dasar shooting futsal. Selain itu, penelitian ini diharapkan dapat menambah variasi latihan teknik dasar shooting futsal di ekstrakurikuler futsal SMP Negeri 15 Malang.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) dengan metode prosedural dari Borg dan Gall yang dimodifikasi dan disesuaikan dengan keadaan di lapangan menurut teori Ardhana. Dari 10 langkah pengembangan yang dikemukakan Borg dan Gall, peneliti menggunakan 7 langkah saja dikarenakan keterbatasan waktu, tenaga serta biaya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis dekskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket. Angket diberikan kepada 2 ahli permainan futsal, 1 ahli media, 8 subjek dari uji kelompok kecil, dan 30 subjek dari uji kelompok besar di ekstrakurikuler futsal SMP Negeri 15 Malang.

Berdasarkan hasil justifikasi ahli permainan futsal diperoleh hasil persentase rata-rata sebesar 77,67%, sedangkan dari ahli media diperoleh hasil persentase rata-rata sebesar 83,87%. Dari hasil persentase rata-rata yang diperoleh dari evaluasi ahli, maka produk latihan ini telah layak untuk diujicobakan pada kelompok kecil dan kelompok besar. Untuk uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar didapat hasil persentase rata-rata sebesar 86,87% dan 87,24%, sehingga produk model latihan shooting futsal menggunakan media video latihan ini sangat baik dan layak untuk digunakan.

Untuk melakukan teknik dasar shooting futsal yang baik dibutuhkan model-model latihan yang bervariasi untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam melakukan teknik dasar shooting futsal. Dalam penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan untuk menggunakan subjek penelitian yang lebih luas, baik siswa maupun sekolah yang digunakan sebagai kelompok uji coba.