SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Instruksional Teknik Forehand dan Backhand untuk Atlit Club Tenis Lapangan Tingkat Pemula di Kota Blitar

ALDHILA FONDA SEPINTITO

Abstrak


ABSTRAK

 

Sepintito, Aldhila Fonda. Pengembangan Media Instruksional Teknik Forehand dan Backhand untuk Atlit Club Tenis Lapangan Tingkat Pemula di Kota Blitar. Pembimbing: 1) Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd, 2) Febrita P Heynoek, S.Pd, M.Pd

 

Kata kunci: tenis lapangan, forehand, backhand, video

Tenis adalah sebuah permainan olahraga yang menggunakan raket dan bola, dimainkan disebuah lapangan yang dibagi menjadi dua oleh sebuah jarring. Saat ini olah raga tenis sudah dikenal sebagai olah raga professional. Di kota Blitar terdapat beberapa club tenis yang diharapkan dapat mencetak pemain yang mampu bersaing di tingkat nasional ataupun internasional. Permasalahan utama yang muncul dalam pembelajaran tenis di kota Blitar adalah kurangnya media pendukung yang digunakan oleh pelatih tenis untuk menyampaikan materi teknik pukulan forehand dan backhand kepada pemain/atlet pemula.

Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan media pembelajaran instruksional dasar-dasar teknik forehand dan backhand yang dikemas dalam bentuk video yang ditujukan kepada atlet-atlet pemula di kota Blitar dan sebagai variasi penyimpaian materi untuk pelatih.

Metode pengembangan dilakukan dengan langkah-langkah yang meliputi potensi masalah, analisis kebutuhan, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk dan produk. Validasi produk dilakukan oleh dua ahli yaitu ahli media dan ahli materi. Uji coba dilakukan pada atlet pemula club tenis di Kota Blitar. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket/kuisioner. Data dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan rumus persentase.

Setelah dilakukan validasi dan uji coba diperoleh data ahli media 95% menyatakan media valid dan dapat digunakan. Ahli materi mendapat 96,7% menyatakan media pembelajaran valid. Uji coba siswa mendapat 94% menyatakan media pembelajaran Video Instruksional Teknik Forehand dan Backhand untuk Siswa Club Tenis Lapangan Tingkat Pemula di Kota Blitar valid dan dapat digunakan.

Kesimpulan bahwa media pembelajaran Instruksional Teknik Forehand dan Backhand dapat digunakan untuk proses pembelajaran untuk untuk Siswa Club Tenis Lapangan Tingkat Pemula di Kota Blitar. Diharapkan pada penelitian dan pengembangan selanjutnya untuk melakukan langkah penelitian dan pengembangan menurut wahono mencakup keseluruhan langkah dan diharapkan penelitian berikutnya dilakukan dengan jumlah subjek yang lebih besar, baik jumlah atlit pemula maupun club tenis yang digunakan sebagai uji coba.