SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengetahuan Gizi Ibu Hubungannya dengan Status Gizi Anak di SD Negeri Ditotrunan 1 Kabupaten Lumajang.

Ian Rizky Maulana

Abstrak


ABSTRAK

 

Maulana, Ian Rizky. 2015.Pengetahuan Gizi Ibu Hubungannya dengan Status Gizi Anak di SD Negeri Ditotrunan 1 Kabupaten Lumajang. Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Desiana Merawati, M.S (II) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengetahuan Gizi Ibu, Status Gizi

Pada kelompok usia 6-12 tahun merupakan kelompok rentan yang paling mudah menderita gangguan kesehatan karena malnutrisi. Asupan makanan perlu diperhatikan karena berdampak pada status gizi dapat dilihat dari berat badan dan tinggi badan. Status gizi anakdapat dipengaruhi oleh pengetahuan gizi ibu. Ibu yang kurang pengetahuan gizi makanan, akan menghidangkan makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan anak. Maka pengetahuan ibu tentang gizi seimbang sangatlah penting, mengingat peran ibu dalam keluarga sebagai pengelola makanan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi ibu terhadap status gizi anak di SD Negeri Ditotrunan 1 Kabupaten Lumajang.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasional,dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan tes antropometri (pengukuran status gizi).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD Negeri Ditotrunan 1 Kabupaten Lumajang yang berjumlah 720 siswa yang terdiri dari 6 tingkatan kelas.Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified random samplingdan proportional sample, hingga didapatkan sampelberjumlah 88 siswa.

Hasil Penelitian berdasarkan uji statistik dengan analisis rank’s Spearman diketahui bahwa zhitung adalah 1.99 dengan tingkat signifikansi p = 0.044, oleh karena probabilitas (0.044) lebih kecil dari 0.05, -zhitung (-1.99) kurang dari - ztabel (-1.960) dan zhitung (1.99) lebih dari dari + ztabel (1.960) maka artinya pengetahuan gizi ibu berpengaruh secara signifikan terhadap status gizi anak di SD Negeri Ditotrunan 1 Kabupaten Lumajang.

Kesimpulan yang diperoleh,sebagian besar ibu memiliki tingkat pengetahuan gizi baik dan sebagian besar siswa memiliki status gizi normal. Dari uji statistik berdasarkan pengelompokan pengetahuan gizi ibu rendah, sedang dan tinggi tidak ada hubungan yang signifikan dengan status gizi anak SD Negeri Ditotrunan 1 Kabupaten Lumajang. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor yang mempengaruhi namun tidak dalam ruang lingkup penelitian. Namun bila tidak dikelompokkan berdasarkan tingkat pengetahuan gizi terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan gizi ibu dan status gizi anak di SD Negeri Ditotrunan 1 Kabupaten Lumajang.