SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Passing Menggunakan Permainan Sederhana untuk Siswan Ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Pakis Kabupaten Malang

novan mukti

Abstrak


ABSTRAK

 

Mukti, NovanRendra. 2014. Pengembangan Variasi Model Latihan Passing MenggunakanPermainanSederhanaUntukSiswaEkstrakurikulerSepak Bola Di SMP Negeri 1 Pakis,Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyadi.,M.Kes, (II) Dra. Sri Purnami,M.Pd.

 

Kata Kunci: Variasi latihanpassing, permaian sederhana,sepakbolafimbing: (I) Dra ggunakan Permainan Sederhana Untuk Siswa Ekstrakurikuler Sepak Bola Di SMP Negeri 1Pakis

Sepakbola adalah permainan beregu yang dimainkan oleh individu-individu. Sepakbola merupakan gabungan beberapa teknik individu yang menyatu dalam kerjasama tim secara keseluruhan. Dalam permainan sepakbola adalah berusaha menguasai bola, mencetak gol sebanyak mungkin ke gawang lawan, dan berusaha mematahkan serangan lawan untuk menjaga gawangnya agar tidak kemasukan gol.Berdasarkan analisis kebutuhan awal dan observasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pesertasiswaekstrakurikulersepakbola di SMP Negeri 1 Pakis membutuhkanvariasi model latihanpassing. Latihanpassing yang dilakukanselamainimasih kurang bervariasi sehingga siswa merasa jenuh. Oleh sebab itu penelitian ini mengambil fokus variasi model latihanpassingdalampermainansederhanauntuksiswaekstrakurikuler di SMP Negeri Pakis sehinggadiharapkansiswaterhindardari rasa jenuh.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model latihan passing kaki bagian dalam,  passingyang bervariatif dengan menggunakan permainan sederhana untuk siswa ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Pakis Kabupaten Malang. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa dijadikan pelatih siswa ekstrakurikuler sepakbola, untuk meningkatkan kemampuan passing siswa ekstrakurikuler sepakbola dan agar siswa juga lebih bersemangat mengikuti ekstrakurikuler.

Metode pengembangan variasi model latihan passing menggunakan permainan sederhana untuk siswa ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 1 PakisKabupaten Malang.Dalam penelitian dan pengembangan ini, ada tujuh langkah yang akan digunakan antara lain: 1)Melakukan penelitian dan pengumpulan data, termasuk observasi lapangan, kajian pustaka, serta analisis kebutuhan. 2)Mengembangkan produk awal. 3)Evaluasi dari ahli 4)Uji coba kelompok kecil. 5)Revisi produk awal 6)Uji coba kelompok besar7)Revisi produk akhir. Hasil akhir produk pengembangan berupabuku panduan variasi model latihan passing dalam sepakbola pada siswa ekstrakurikuler.Pengumpulan data dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi.

Hasil dari pengembangan ini adalah berupabukupanduan7 variasi model latihan passing dalam sepakbola untuk siswa ekstrakurikuler yang di susun dalam bentuk buku panduan. Hasil evaluasi akhir yang diperoleh dari ahli sepakbolamenyatakan persentase sebesar 89,28% yang berarti produk cukup valid. Hasil evaluasi ahli media menyatakan persentase sebesar 83,33% yang berarti sangat valid. Hasil uji coba kelompok kecil yaitu 10 siswa ekstrakurikuler menyatakan 86 %permainan yang dikembangkan sangat valid. Hasil uji coba kelompok besar yaitu 30 siswa ekstrakurikuler menyatakan 84,48 % berarti permainan yang dikembangkan sangat valid. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa 7variasi model latihan passingdalam sepakbola untuk siswa ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Pakis Kabupaten Malang sangat valid sehingga layak untuk digunakan dalam variasi latihan sepakbola.

Saran-saran yang diajukan berdasarkan kajian produk ini meliputi saran pemanfaatan dan saran pengembangan lebihlanjut. Saran pemanfaatan yang diajukan yaitu hendaknya produk berupa bukuvariasi model latihan passingini dapat dikembangkan pada materi lain tidak hanya pada variasi model latihan passingsaja. Saran diseminasi produk ditujukan kepada guru dan instansi pendidikan lain supaya bersedia untuk memanfaatkan produk berupa bukuvariasi model latihan passing. Saran pengembangan lebih lanjut yaitu untuk peneliti selanjutnya hendaknya dapat menyusun percobaan-percobaan yang berbeda dari yang telah dikembangkan sebelumnya.