SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

hubungan kelincahan dengan kecepatan menggiring bola bagi santri pondok pesantren nurul jadid kompleks E paiton

AKHMAD AMIRULLAH

Abstrak


ABSTRAK

Amirullah, Akhmad. 2015. Hubungan Kelincahan dengan Kecepatan Menggiring Bola bagi Santri Pondok Pesantren Nurul Jadid Kompleks E Paiton. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs.H. Agus Gatot, Mkes, (II ) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: Kelincahan, Menggiring Bola, Kecepatan

 

 

Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer dan digemari oleh banyak orang. Penguasaan teknik dasar dalam sepakbola dibutuhkan. Menggiring bola adalah salah satu teknik dasar yang harus dimiliki oleh setiap pemain. Menggiring bola membutuhkan kelincahan para pemain sepakbola. Kelincahan yang dimiliki pemain sepakbola mempengaruhi kecepatan menggiring bola.

Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan kelincahan dengan kecepatan menggiring bola santri Pondok Pesantren Nurul Jadid Kompleks E Paiton. Kelincahan dan kecepatan penting bagi seseorang khususnya pemain sepakbola. Kelincahan membantu seseorang untuk bergerak dengan cepat dalam menggiring bola. Seseorang yang memiliki kelincahan yang baik mempengaruhi kecepatan menggiring bola. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh  santri di Pondok Pesantren Nurul Jadid  Kompleks E Paiton yakni 45 santri. Sampel sebesar 45 santri ditentukan dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes shuttle run dan tes menggiring bola. Data dianalisis menggunakan Pearson Product Moment Correlation.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelincahan berhubungan dengan kecepatan menggiring bola santri Pondok Pesantren Nurul Jadid Kompleks E Paiton. Setelah dilakukan uji korelasi dengan taraf signifikansi 5% dan rhitung 0,373 > rtabel 0,294 yang berarti bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kelincahan dengan kecepatan menggiring bola santri Pondok Pesantren Nurul Jadid Kompleks E Paiton. Kelincahan santri berhubungan dengan kecepatan menggiring bola. Santri yang memiliki kelincahan yang baik akan memiliki kecepatan menggiring bola lebih baik dari pada santri yang tidak memiliki kelincahan.

Kepada pemain sepakbola khususnya santri Pondok Pesantren Nurul Jadid Kompleks E Paiton perlu disadari bahwa kelincahan merupakan salah satu faktor penunjang kecepatan menggiring bola.