SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Program Latihan Judo Di UPT SMA Negeri Olahraga Jawa Timur

Arisqi Wahyu Priyo Susilo

Abstrak


ABSTRAK

 

Arisqi Wahyu Priyo Susilo. 2015. Pengembangan Program Latihan Judo Di UPT SMA Negeri Olahraga Jawa Timur. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Heru Widijoto, M.S (II) Dr. Saichudin, M.Kes

 

Kata Kunci: Judo, Latihan, Program Latihan dan atlet Judo Di UPT SMA Negeri Olahraga Jawa Timur.

Judo adalah beladiri dari Jepang, tujuan bela diri judo untuk mengembangkan falsafah jiwa atau spiritual yang positif, pertumbuhan fisik dan kesegaran jasmani yang baik, serta pembela diri dari bahaya. Observasi awal yang dilakukan peneliti pada atlet judo di UPT SMA Negeri Olahraga Jawa Timur, atlet dan pelatih menyatakan bahwa tidak ada program latihan yang tetap. Sesuai penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada 17 atlet judo di UPT SMA Negeri Olahraga Jawa Timur dan wawancara kepada pelatih judo di UPT SMA Negeri Olahraga Jawa Timur dengan hasil sebagai berikut: atlet judo di UPT SMA Negeri Olahraga Jawa Timur membutuhkan program latihan selama 1 semester, program latihan tersebut ditempel dan program latihan tersebut dituangkan kepada buku.

Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan permasalahan yang ada yaitu dengan membuat program latihan selama 1 semester yang dituangkan dalam buku. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam latihan, agar atlet judo di UPT SMA Negeri Olahraga Jawa Timur agar bisa memaksimalkan potensi dan memaksimalkan prestasi ditingkat Nasional maupun Internasional.

Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development dari Borg dan Gall. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar.

Hasil “Pengembangan Program Latihan Judo Di UPT SMA Negeri Olahraga Jawa Timur” diperoleh : (1) program latihan ini terdapat aspek latihan fisik, teknik, taktik dan mental, (2) produk ini terstruktur sesuai dengan prinsip latihan, (3) program latihan ini juga terdapat prinsip recovery untuk memulihkan kondisi atlet saat latihan, (4) pengembangan program latihan judo di UPT SMA Negeri Olahraga Jawa Timur dalam latihan weight training maupun latihan teknik terdapat gambar untuk memberi pengentahuan atlet cara melakukan yang benar, dan (5) produk ini dikemas dalam buku bertujuan untuk lebih praktis dan memudahkan atlet judo di UPT SMA Negeri Olahraga Jawa Timur dalam mempelajarinya.