SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Bulutangkis Berbasis Mobile Learning untuk Peserta Matakuliah Teori dan Praktik Bulutangkis Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Anwar Baidhori

Abstrak


ABSTRAK

 

Baidhori, Anwar. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Teknik Dasar Bulutangkis Berbasis Mobile Learning untuk Peserta Matakuliah Teori dan Praktik Bulutangkis Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) I Nengah Sudjana, S.Pd.,M.Pd.,(2) dr. Rias Gesang K, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan, media pembelajaran buku digital, teknik dasar bulutangkis.

Matakuliah Teori dan Praktik Bulutangkis, merupakan salah satu matakuliah yang wajib ditempuh oleh mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang (IK FIK UM), dimana teknik dasar bulutangkis merupakan salah satu teori yang harus dikuasai oleh mahasiswa IK.  Ada banyak hal yang bias dilakukan pendidik untuk mencapai tujuan yang diinginkan dalam pembelajaran, baik dari strategi, metode, bahkan dalam hal media yang digunakan.Berdasarkan penyebaran angket terhadap 30 Responden di Jurusan IK, survey membuktikan bahwa mahasiswa membutuhkan suatu media yang baru untuk belajar, agar pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien, dan mereka lebih memilih buku digital sebagai salah satu media ajar yang cocok untuk era globalisasi seperti saat ini.

Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan media pembelajaran buku digital teknik dasar bulutangkis untuk peserta matakuliah teori dan praktik bulutangkis jurusan Ilmu Keolahragaan yang diharapkan dapat membantu dalam pembelajaran.

Dalam penelitian ini, peneliti hanya menggunakan 7 langkah dari 10 langkah yang dikemukakan oleh Borg & Gall untuk pengembangan media pembelajaran buku digital teknik dasar bulutangkissebagai berikut: 1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan dengan menyebarkan kuesioner/angket kepada30 mahasiswa jurusanIK FIK UM(2) perencanaan pengembangan produk, (3) pengembangan rancangan produk, (4) Persiapan uji coba kelompok kecil, menggunakan 10 subjek, (5) revisi produk pertama berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil, (6) uji coba lapangan (kelompok besar) menggunakan 30 subjek, (7) revisi produk sesuai hasil uji coba kelompok besar.

Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh persentase rata-rata 80% dan pada uji coba kelompok besar diperoleh persentase rata-rata 89% sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran buku digital teknik dasar bulutangkis untuk peserta matakuliah teori dan praktik bulutangkis jurusan Ilmu Keolahragaan sangat jelas dan menarik untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar.

Diharapkan hasil pengembangan ini dapat membantu tercapainya salah satu tujuan pembelajaran, dan sebaiknya dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui tingkat efektivitas produk yang dikembangkan ini, karena hasil pengembangan ini masih terbatas sampai tersusunnya sebuah produk saja.