SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Pukulan Penempatan Bola Untuk Pukulan Selanjutnya (Parking) Pada Permainan Woodball Bagi Atlet UM Woodball Club

Rindha Fattikhatus Syakdiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fattihkatus S, Rindha. 2015. Pengembangan Model Latihan Pukulan Penempatan Bola untuk Pukulan Selanjutnya (Parking) Pada Permainan Woodball Bagi Atlet UM Woodball Club. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Supriatna, M.Pd (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd

 

Kata Kunci: Pukulan Penempatan Bola untuk Pukulan Selanjutnya (Parking), Atlet Woodball

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti dengan atlet UM woodball club pada tanggal 17 September 2014, latihan pukulan penempatan bola untuk pukulan selanjutnya (parking) yang dilakukan belum efektif dan tidak sesuai dengan yang diharapkan, serta belum adanya panduan yang jelas dalam melaksanakan latihan pukulan penempatan bola untuk pukulan selanjutnya (parking). Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada 20 atlet UM woodball club, dengan hasil sebagai berikut: atlet UM woodball club membutuhkan panduan dalam melaksanakan latihan pukulan penempatan bola untuk pukulan selanjutnya (parking) dan dikemas dalam bentuk buku panduan.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan model latihan pukulan penempatan bola untuk pukulan selanjutnya (parking). Diharapkan hasil pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam latihan, agar atlet UM woodball club lebih antusias dan bersemangat dalam melaksanakan latihan.

Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development dari Borg dan Gall (1983:775) yang telah disederhanakan dengan langkah sebagai berikut: (1) melakukan penelitian dan pengumpulan data informasi dengan melakukan observasi dan mengembangkan produk awal (2) validasi para ahli dengan kualifikasi 1 orang ahli woodball dan 1 orang ahli media, (3) revisi produk pertama, (4) uji coba kelompok kecil,yang berjumlah 6 atlet (5) revisi produk kedua, (6) uji coba lapangan (kelompok besar) yang berjumlah 14 atlet (7) revisi produk akhir (apabila ada masukan atau saran dari uji coba lapangan). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif berupa presentase.

Berdasarkan hasil validasi desain, uji coba tahap 1 (kelompok kecil), uji coba tahab II (kelompok besar) di dapatkan data bahwa produk tersebut memang layak digunakan bagi atlet UM Woodball Club. Produk ini telah melalui uji ahli, sehingga banyak masukan untuk perbaikan produk untuk mencapai tujuan yang di inginkan.

Produk pengembangan ini memiliki beberapa kelemahan yaitu produk ini masih memerlukan evaluasi dan uji coba pada subjek yang lebih besar atau luas demi pengembangan lebih lanjut, sehingga pengembangan ini dapat terlihat manfaatnya.