SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Audio Visual sebagai Pembelajaran Teknik Dasar Bolabasket untuk Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 4 Malang.

Rosida Azadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Azadi, Rosida. 2014. Pengembangan Media Audio Visual sebagai Pembelajaran Teknik Dasar Bolabasket untuk Peserta Didik Kelas VII  SMP Negeri 4 Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Saichudin, M.Kes, (II) dr. Rias Gesang K, M.Kes.

 

Kata Kunci: penelitian pengembangan, audio visual, pembelajaran, teknik dasar bolabasket.

 

Olahraga bolabasket merupakan jenis olahraga permainan yang memiliki tiga unsur gerak dasar yaitu dribble, passing dan shooting. Untuk mencapai kemampuan dasar bolabasket yang baik tidak hanya melalui pengajaran dengan sistem konvensional, tetapi juga dapat memanfaatkan teknologi dengan menggunakan media audio visual. Berdasarkan penelitian awal berupa analisis kebutuhan (need assessment) yang dilakukan peneliti di SMP Negeri 4 Malang pada peserta didik kelas VII, 83,33% peerta didik menyatakan perlu untuk untuk mendapatkan pembelajaran menggunakan media audio visual.

Dalam penelitian pengembangan ini peneliti menggunakan model pengembangan Borg dan Gall yang dimodifikasi peneliti menjadi lebih sederhana yaitu: (1) Penelitian  dan pengumpulan data informasi awal termasuk kajian pustaka dan analisis kebutuhan dengan angket yang ditujukan kepada peserta didik. (2) Pengembangan bentuk produk awal (penyiapan materi berupa media audio visual berbentuk VCD, dan perlengkapan evaluasi) kemudian dievaluasi oleh ahli pembelajaran, ahli bolabasket dan ahli media. (3) Melakukan uji coba kelompok kecil, menggunakan 1 sekolah dan 15 subyek. (4) Revisi produk awal (pada uji coba kelompok kecil). (5) Uji coba kelompok besar dilakukan pada 1 sekolah menggunakan 40 subyek. (6) Revisi produk akhir  (pada uji coba kelompok besar). (7) Hasil produk akhir berupa media audio visual sebagai pembelajaran peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Malang. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

 

Produk awal telah dijustifikasi oleh ahli pembelajaran, ahli bolabasket dan ahli media yang hasil akhirnya menunjukkan bahwa pengembangan media audio visual sebagai pembelajaran teknik dasar bolabasket ini dapat diuji cobakan. Dari hasil uji coba kelompok kecil dengan menggunakan 15 subyek uji coba yang diperoleh hasil presentase 86,14% dan pada uji coba kelompok besar dengan menggunakan 40 subyek uji coba diperoleh hasil persentase 86,45% sehingga pengembangan media audio visual sebagai pembelajaran teknik dasar bolabasket dapat digunakan untuk peserta didik kelas VII di SMP Negeri 4 Malang.