SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Perilaku Merokok dan Tingkat Kesegaran Jasmani pada Remaja di Jalan Candi Baut V Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun Kota Malang

Ryandika Syaifurrahman

Abstrak


ABSTRAK

 

Syaifurrahman, Ryandika. 2014. Perilaku Merokokdan Tingkat Kesegaran Jasmanipada Remajadi Jalan Candi Badut V Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun Kota Malang.Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Supriyadi, M.Kes, (II) Dra. DesianaMerawati, M.S

 

Kata kunci: Perilaku Merokok, Tingkat Kesegaran Jasmani, Remaja

 

Perilaku merokok adalah suatu aktivitas membakar dan menghisap tembakau kemudian mengeluarkan asapnya yang dapat terhisap oleh orang sekitarnya, baik menggunakan roko kmaupun pipa. Merokok adalah kebiasaan yang banyak dilakukan oleh remaja di tempat-tempat umum. Orang yang merokok mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk terkena gangguan jantung dan paru yang berakibat pada penurunan kinerja jantung paru. Hal tersebut berpengaruh pada kesehatan dan secara langsung berdampak juga pada kebugaran jasmani seseorang. Remaja yang sehat dan memiliki tingkat kesegaran jasmani yang baik akan mampu berprestasi dalam pekerjaan. Seseorang yang memiliki tingkat kesegaran jasmani tinggi akan dapat melakukan aktivitas fisik dengan baik tanpa kelelahan yang berarti, serta tubuh tetap segar ketika berhenti melakukan aktivitas fisik dan pada saat istirahat. Sebaliknya tingkat kesegaran jasmani yang rendah merupakan kendala dalam melaksanakan aktivitas fisik.

Penelitian bertujuan mengetahui kebiasaan merokok, mengetahui perilaku merokok dan tingkat kesegaran jasmani pada remaja di Jalan Candi Badut V Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun Kota Malang. Metode pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dan testingkat kesegaran jasmani menggunakan metode Harvard Step Test.Populasi dari penelitian ini adalah remaja antara umur 16 sampai umur 22 tahun.Sampel pada penelitian ini adalah 40 responden remaja. Data yang diperoleh dari hasil angket akan diolah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif persentase.

 

Berdasarkan hasil penelitiandari 40 responden remaja ada 34 remaja (85%) yang memiliki kebiasaan merokok,sedangkan yang tidak merokok ada 6 remaja (15%). Dari 6 remaja yang tidak merokok ada yang pernah mencoba merokok dan tidak pernah mencoba merokok sama sekali. Dari 34 (85%) responden perokok yang pertama kali merokokdi bangku SDada 5 remaja, yang pertama kali merokok di bangku SMP ada17 remaja, dan di bangku SMA ada 12 remaja. Dari 34 responden perokok yang mengkonsumsi rokok 2-5 batang per hariada 15 remaja, yang merokok 6-10 batang per hari ada 9 remaja dan yangmerokok 1 pak atau lebih ada 10 remaja.Hasil dari penelitian tingkat kesegaran jasmani dari 6 remaja (15%) responden yang tidak merokok, ada 5 remaja memiliki kriteria baik dan 1 remaja kriteria jelek. Dari 34 (85%) responden yang merokok ada 32 responden memiliki kriteria jelek dan hanya ada 2 responden yang memiliki kriteria sedang.