SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Variasi Latihan Shooting dengan Sasaran Ban Terhadap Ketepatan Tendangan ke Arah Gawang untuk Anak Usia 13-14 Tahun di Sekolah Sepakbola (SSB) Naga Emas Asri Kabupaten Tulungagung

Zen Ahmat Rizal

Abstrak


ABSTRAK

Rizal, Zen Ahmat. 2015. Pengembangan Model Variasi Latihan Shooting dengan   Sasaran Ban Terhadap Ketepatan Tendangan ke Arah Gawang untuk Anak Usia 13-14 Tahun di Sekolah Sepakbola (SSB) Naga Emas Asri Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd. (2) Drs. Agus Gatot Subiyantoro, M.Kes.

 

Kata Kunci: pengembangan, model latihan, shooting sepakbola

Shooting adalah sebuah tendangan yang diarahkan ke gawang lawan untuk mencetak gol. Tujuan dari latihan shooting yaitu untuk meningkatkan keterampilan menendang agar bisa mencetak gol ke gawang lawan. Sebuah tendangan akan dikatakan bagus jika hasil tendangan tersebut tepat pada sasaran. Walaupun seorang pemain mampu menghasilkan tendangan yang keras tetapi, jika tidak mampu menghasilkan ketepatan tendangan yang baik maka bola tidak akan mengarah pada sasaran yang diinginkan dan hasil tendangan tersebut terbuang sia-sia. Oleh karena itu, metode latihan shooting juga harus diarahkan ke sebuah sasaran yang khusus, agar ketepatan tendangan seorang pemain akan menjadi lebih baik. Dalam melakukan latihan shooting sepakbola khususnya di sekolah sepakbola (SSB) Naga Emas Asri Kabupaten Tulungagung umur 13-14 tahun, latihan shooting yang di terapkan belum mengarah ke sebuah sasaran. Sehingga, ketika bertanding para siswa sering menghilangkan peluang untuk mencetak gol dengan alasan bola keluar melebar atau keluar melewati tiang atas gawang. Maka dari itu, peneliti akan mengembangkan model variasi latihan shooting dengan sasaran ban terhadap ketepatan tendangan ke arah gawang yang nantinya akan digunakan sebagai panduan dalam pelaksanaan latihan sepakbola di sekolah sepakbola (SSB) Naga Emas Asri Kabupaten Tulungagung umur 13-14 tahun.

Tujuan penelitian dan pengembangan produk ini yaitu untuk menghasilkan sebuah produk buku model variasi latihan shooting dengan sasaran ban terhadap ketepatan tendangan ke arah gawang untuk anak usia 13-14 tahun di sekolah sepakbola (SSB) Naga Emas Asri Kabupaten Tulungagung. Produk ini akan digunakan sebagai buku panduan pelatih untuk melatih siswa-siswanya, agar hasil tendangannya lebih baik.

Prosedur penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang diadaptasi menjadi model yang sederhana yaitu: (1) Mengumpulkan informasi, a) analisis kebutuhan, b) kajian pustaka; (2) Pembuatan produk awal; (3) Revisi produk awal berdasarkan evaluasi para ahli; (4) Uji coba kelompok kecil; (5) Revisi produk berdasarkan kelompok kecil; (6) Uji lapangan (kelompok besar) dan revisi akhir (7) Produk hasil akhir pengembangan. Pengumpulan data untuk para ahli dan siswa menggunakan sebuah angket disertai saran. Subyek uji ahli media 1 orang, subyek uji ahli kepelatihan sepakbola 1 orang, subyek uji kelompok kecil sebanyak 10 siswa, dan subyek uji lapangan (kelompok besar) sebanyak 20 orang.

Berdasarkan hasil uji coba diperoleh hasil presentase sebagai berikut: uji ahli media presentase 87,5% maka dikatakan sangat valid dinilai dari aspek ketepatan, kemenarikan dan kejelasan pada (design cover, design halaman, design gambar, tipe huruf, ukuran huruf dan susunan kalimat), uji ahli kepelatihan sepakbola presentase 85,83% maka dikatakan sangat valid dinilai dari aspek  kejelasan, kemenarikan, kemudahan, ketepatan dan keefektifan pada model latihan shooting, uji kelompok kecil presentase 86,7%  dan  uji lapangan (kelompok besar) presentase 82,15% maka dikatakan sangat valid dinilai dari aspek kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, ketepatan, dan kesesuaian model latihan shooting. Serta memberikan sebuah saran dan masukan dari ahli media dan ahli kepelatihan sepakbola sebagai berikut: dari evaluasi ahli media memberikan beberapa saran yaitu desain isi, kualitas cetak dan kertas (fisik) sudah bagus, berikan kejelasan target sasaran bagi pengguna buku ini, buku ini cocok sebagai buku panduan pelatih jika untuk siswa SSB tidak cocok, penggunaan nama bab kajian pustaka dan bab produk pengembangan tolong ganti dengan yang lain karena tidak cocok digunakan dalam kalangan siswa SSB atau pelatih dan dari evaluasi ahli kepelatihan sepakbola memberikan beberapa saran dan masukan perhatikan tujuan dari produk latihan, untuk menstabilkan sasaran maka ikatkan ban dengan tali dari atas, bawah, samping kiri dan samping kanan hingga ban tidak goyang ketika terkena bola dari hasil sebuah tendangan, atur pergantian siswa ketika melakukan tendangan ke arah sasaran ban, perhatikan jarak tendangan ke arah sasaran jangan terlalu jauh dan dekat, jika siswa sudah mampu mencapai sasaran, jarak tendangan ke sasaran disarankan ditambahkan, jika siswa belum bisa mencapai sasaran, maka siswa tersebut harus mencobanya sampai berhasil.

Dari prosedur penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan, maka diperoleh sebuah buku panduan dari hasil penelitian dan pengembangan yaitu buku panduan model variasi latihan shooting dengan sasaran ban terhadap ketepatan tendangan ke arah gawang untuk anak usia 13-14 tahun di sekolah sepakbola (SSB) Naga Emas Asri Kabupaten Tulungagung. Yang didalamnya terdapat beberapa macam latihan shooting dengan sasaran ban yaitu (1) Model latihan shooting I, (2) Model latihan shooting II, (3) Model latihan shooting III, (4) Model latihan shooting IV, dan  (5) Model latihan shooting V. Produk ini sangat mudah digunakan oleh pelatih sekolah sepakbola (SSB) karena produk ini dilengkapi dengan petunjuk penggunaan serta bagian-bagian yang sudah tersusun dengan baik. Semoga buku panduan ini bermanfaat untuk melatih keterampilan ketepatan tendangan bagi siswa sekolah sepakbola (SSB) Naga Emas Asri usia 13-14 tahun di Kabupaten Tulungagung.