SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN METODE PART-WHOLE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SENAM KETANGKASAN GERAKAN ROUND-OFF PADA SISWA KELAS XI RPL-3 SMK NEGERI 5 MALANG

Ibnu Darmawasn

Abstrak


ABSTRAK

Darmawan, Ibnu. 2014. Penerapan Metode Part-Whole Untuk Meningkatkan Keterampilan Senam Ketangkasan Gerakan Round-off Pada Siswa Kelas XI RPL-3 SMK Negeri 5 Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. M.E. Winarno, M.Pd, (II) dr. Agung Kurniawan, M.Kes

 

Kata Kunci: metode part-whole, keterampilan, senam gerakan round-off

Senam ketangkasan merupakan salah satu materi yang terdapat dalam mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Salah satu kompetensi dasar kelas XI yaitu mempraktikkan keterampilan senam ketangkasan tanpa menggunkan alat lanjutan serta nilai percaya diri, kerjasama, tanggung jawab dan menghargai teman. Materi senam ketangkasan yang diajarkan pada siswa kelas XI RPL-3 SMK Negeri 5 Malang yaitu gerakan round-off. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan tanggal 24 Januari 2014 di SMK Negeri 5 Malang, penguasaan keterampilan senam gerakan round-off sangat rendah, hal tersebut dikarenakan guru tidak memberikan model pembelajaran secara bertahap. Oleh karena itu diperlukan metode yang dapat memudahkan siswa melakukan gerakan round-off. Dan metode yang dirasa tepat untuk masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode part-whole.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan senam ketangkasan gerakan round-off siswa kelas XI RPL-3 SMK Negeri 5 Malang dengan menerapkan metode part-whole.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus, pada setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan (observasi), dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI RPL-3 SMK Negeri 5 Malang.

Pada siklus 1 didapat hasil keterampilan siswa yaitu pada indikator sikap awal dari 28 siswa yang benar sudah dilakukan oleh 27 siswa (96,43%). Pada indikator saat melakukan yang benar sudah dilakukan oleh 13 siswa (46,43%). Pada indikator sikap akhir yang benar sudah dilakukan oleh  22 siswa (78,57%). Hasil pada siklus 2 diketahui siswa yang benar melakukan sikap awal sebanyak 28 siswa (100%) sehingga masuk kategori baik. Pada indikator saat melakukan yang benar sudah dilakukan oleh 24 siswa (85,71%) sehingga masuk kategori baik. Pada indikator sikap akhir yang benar sudah dilakukan oleh 26 siswa (92,86%) sehingga masuk kategori baik.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah penerapan metode part-whole dapat meningkatkan keterampilan senam ketangkasan gerakan round-off siswa Kelas XI RPL-3 SMK Negeri 5 Malang. Saran dari peneliti metode part-whole dapat diterapkan pada kelas yang mengalami permasalahan sama karena terbukti dapat meningkatkan keterampilan gerak siswa.