SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH VARIASI LATIHAN LADDER DRILL TERHADAP PENINGKATAN KELINCAHAN PEMAIN SEPAKBOLA U-16 SSB KIJANG MERAH

imam sholeh

Abstrak


ABSTRAK

Sholeh, Imam. 2014. Pengaruh variasi Latihan Ladder Drill Terhadap Peningkatan Kelincahan Pemain Sepakbola Anak U-16 SSB Kijang Merah. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyadi, M.Kes (II) I Nengah Sudjana, S.pd, M.pd

 

Kata Kunci: Sepakbola, Ladder Drill, Kelincahan

Sepakbola merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua kelompok berlawanan yang masing-masing bertujuan untuk memasukkan bola ke gawang kelompok lawan. Ladder drill adalah suatu bentuk latihan melompat menggunakan satu atau dua kaki dengan melompati tali yang berbentuk tangga yang diletakkan dilantai atau tanah. Ladder drill biasa digunakan para atlet untuk meningkatkan kelincahan  atau agility. Kelincahan merupakan salah satu komponen fisik yang banyak dipergunakan dalam olahraga. Kelincahan pada umumnya didefinisikan sebagai “Kemampuan mengubah arah secara efektif dan cepat, sambil berlari hampir dalam keadaan penuh. Kelincahan terjadi karena gerakan tenaga yang eksplosif.

Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimental menurut Winarno (2011:58) mengatakan : “Bahwa penelitian eksperimental bertujuan untuk mengungkapkan hubungan sebab-akibat antar variabel dengan melakukan manipulasi variabel bebas”. Adapun rancangan penelitian ini menggunakan rancangan One Group Pretest-Postest Design yaitu kelompok yang diberikan perlakuan, tetapi sebelum perlakuan diberikan terlebih dahulu dilakukan tes awal (pretest), dan kemudian diakhir perlakuan dilakukan lagi tes akhir (postest).

Hasil dari penelitian ini adalah  dari data Pretest didapat hasil terendah untuk tes zig zag run adalah 08,30 detik dan tertinggi adalah 08,55 detik sedangkan rata-rata 08,41 detik. Dan pada pengukuran Posttest didapat hasil terendah untuk tes zig zag run adalah 07,67 detik dan tertinggi adalah 07,89 detik sedangkan rata-rata 07,76 detik. Dari data menunjukan rata-rata perbedaan mean antara Pretest dan Posttest sebesar 0,65 detik.

Hasil perhitungan t-hitung kelincahan menunjukan hasil sebesar 23,83 dan sedangkan t-tabel untuk taraf signifikansi 5% yang ditetapkan dalam uji hipotesis tercatat 2,145. Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa hipotesis alternatif yang ditetapkan dapat diterima.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh  Variasi Latihan ladder drill terhadap peningkatan kelincahan Pemain sepakbola U-16 SSB Kijang Merah.