SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peningkatan Keterampilan Passing Menggunakan Metode Permainan Bagi Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola Di SMK Negeri 6 Malang

Muhammad Resa Anggra Kusuma

Abstrak


ABSTRAK

Kusuma, M. Resa Anggra. 2014. Peningkatan Keterampilan Passing Menggunakan Metode Permainan Bagi Siswa Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola Di SMK Negeri 6 Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu KeolahragaanUniversitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Nengah Sudjana S.Pd., M.Pd., (II) Dr. Saichudin M.Kes.

 

Kata Kunci: peningkatan, keterampilan passing sepakbola, permainan

Passing adalah merupakan teknik dasar dari permainan sepakbola. Peranan passing sangat penting dalam permainan sepakbola dikarenakan dua alasan, pertama kesempatan mengolah bola sehingga membuat daerah pertahanan lawan terbuka, kedua mempertahankan bola agar tetap berada dalam penguasaan tim. Jika kondisi tersebut terjadi maka kendali permainan dapat dikuasai. Passing yang akurat dan tepat akan memberikan peluang terjadinya gol bagi tim. Berdasarkan hasil observasi awal, diketahui bahwa keterampilan passing sepakbola di ekstrakurikuler SMK Negeri 6 Malang masih belum maksimal dan banyak kekurangan.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan keterampilan teknik passing siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola SMK Negeri 6 Malang dengan menggunakan metode permainan. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, dokumentasi dan catatan lapangan.

Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Olahraga (PTO) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, (4) refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah 24 siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola SMK Negeri 6 Malang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi (pengamatan). Dalam penelitian ini peneliti berkolaborasi dengan pelatih merencanakan program latihan yang berlangsung selama 2 siklus.

Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan passing siswa peserta ektrakurikuler sepakbola mengalami peningkatan. Hasil tindakan siklus I diketahui sebagai berikut: (1) Badan sedikit condong ke depan saat menendang bola sudah benar dilakukan sebanyak 12 siswa atau 54%, (2) pandangan mata ke arah bola dan selanjutnya ke arah sasaran passing sudah benar dilakukan sebanyak 10 siswa atau 46%, (3)  salah satu kaki tumpu sejajar dengan bola sudah benar dilakukan sebanyak 10 siswa atau 46%, (4) salah satu yang menendang berada dibelakang bola sudah benar dilakukan sebanyak 16 siswa atau 73%, (5) perkenaan pada bola menggunakan kaki bagian dalam sudah benar dilakukan sebanyak 14 siswa atau 64%, (6) perkenaan tepat pada bagian tengah bola 13 siswa atau 59%.

Hasil tindakan siklus II diketahui sebagai berikut: (1) Badan sedikit condong ke depan saat menendang bola sudah benar dilakukan sebanyak 18 siswa atau 75%, (2) pandangan mata ke arah bola dan selanjutnya ke arah sasaran passing sudah benar dilakukan sebanyak 17 siswa atau 71%, (3)  salah satu kaki tumpu sejajar dengan bola sudah benar dilakukan sebanyak 17 siswa atau 71%, (4) salah satu yang menendang berada dibelakang bola sudah benar dilakukan sebanyak 21 siswa atau 88%, (5) perkenaan pada bola menggunakan kaki bagian dalam sudah benar dilakukan sebanyak 22 siswa atau 91%, (6) perkenaan tepat pada bagian tengah bola 19 siswa atau 80%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa keterampilan passing sepakbola dengan menggunakan metode permainan dapat meningkatkan keterampilan passing siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola SMK Negeri 6 Malang. Disarankan kepada pelatih untuk  menggunakan hasil penelitian berupa metode permainan untuk dapat meningkatkan keterampilan passing sepakbola siswa.