SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN SPEED DRIBBLE BOLABASKET MELALUI MODIFIKASI PERMAINAN HITAM-HIJAU, ZOMBIE, PUZZLE, dan ANGRY BIRD PADA ATLET PEMULA USIA 7-12 TAHUN CLUB PELANGI KOTA BLITAR

Henry kuncoro

Abstrak


ABSTRAK

Kuncoro, Henry. 2013. Pengembangan Model Latihan Speed Dribble Bolabasket Melalui Modifikasi  Permainan Hitam- Hijau, Zombie, Puzzle, dan Angry Bird Pada Atlet Pemula Usia 7-12 Tahun Club Pelangi Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr Saichudin M. Kes, (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.

 

Kata Kunci: Latihan, speed dribble bolabasket, modifikasi latihan melalui permainan.

Berdasarkan penyebaran angket yang dilakukan peneliti terhadap atlet pemula usia 7-12 tahun club PELANGI Kota Blitar pada tanggal 3 Maret 2013, kegiatan latihan bolabasket tidak menggunakan metode latihan yang tepat untuk kemajuan keterampilan speed dribble bagi atlet, sehingga atlet membutuhkan suatu pengembangan Variasi Latihan. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) terhadap 30 atlet pemula usia 7-12 tahun club PELANGI Kota Blitar diperoleh 95% atlet menjawab membutuhkan variasi latihan speed dribble bolabasket yang menyenangkan.

Berdasarkan latar belakang di atas, tujuan utama yang ingin dicapai pada pembahasan dalam pengembangan ini yaitu. Mengembangkan model latihan speed dribble  melalui modifikasi permainan Hitam Hijau,  Zombie, Puzzle, dan Angry bird  pada atlet pemula usia 7-12 tahun agar dapat memotivasi dirinya dalam melakukan latihan  speed dribble dan menghilangkan kebosanan latihan yang berkesan latihan fisik atau daya tahan. Sehingga menumbuhkan rasa senang dan menyukai olahraga tersebut.

Penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Borg dan Gall (1983) yang telah dimodifikasi oleh peneliti, yakni (1) Analisis kebutuhan, (2) Pembuatan produk awal, (3) Evaluasi ahli, (4) Revisi produk awal, (5) Uji coba kelompok kecil, (6) Uji coba kelompok besar, (7) Revisi produk akhir dan diperoleh produk latihan speed dribble bolabasket yang dimodifikasi permainan. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase. Teknik ini digunakan untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil penyebaran angket.

Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat dari persentase yang diperoleh berturut-turut dari ahli kepelatihan, ahli bolabasket, ahli media, uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar yang menunjukkan angka secara berturut-turut 89,1%, 87,5%, 86,7%, 84,1% dan 87,4%. 90% dengan kriteria baik sehingga pengembangan model latihan speed dribble ini dapat digunakan untuk kegiatan latihan pemula usia 7-12 tahun club pelangi kota blitar.

Saran yang di dapat pada penelitian ini meliputi dua aspek. Yakni (1) Pemanfaatan, (2) Diseminasi. Pertama, saran pemanfaatan terkait teknis penggunaan media yang sebaiknya digunakan dengan memperhatikan situasi dan kondisi sebelum mengikuti latihan bolabasket. Kedua, sebelum produk ini disebarluaskan saran peneliti adalah untuk melakukan evaluasi ulang dan disesuaikan dengan sasaran yang dituju.