SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

SURVEI MINAT PESERTA EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA DI SMP NEGERI 20 KOTA MALANG

Tasriful khobir

Abstrak


ABSTRAK

 

Khobir, Tasriful. 2014. Survei Minat Peserta Ektrakurikuler Tenis Meja di SMP Negeri 20 Kota Malang.Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyadi, M. Kes, (II) Dra. Sri Purnami., M. Pd.

 

Kata Kunci: survei,minat, ektrakurikuler,tenis meja.

 

Minat adalah suatu perangkat mental yang terdiri dari kombinasi, perpaduan dan campuran dari perasaan, harapan, prasangka, cemas, takut dan kecenderungan lain yang bisa mengarahkan individu kepada suatu pilihan tertentu. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat diantaranya ketertarikan, perasaan senang, kemauan, keterlibatan. Tenismeja adalah salah satu kegiatan ekstrakurikuler yangterdapat di SMPN 20 Kota Malang. Hasil observasi peneliti menunjukkan bahwa ekstrakurikuler tenis meja didukungdengansaranadanprasarana yang baik namun kenyataannya perkembangan ekstrakurikuler tenis meja di sekolah ini tidak kunjung meningkat bahkan daya minat siswa terhadap ekstrakurikuler tenis meja lebih sedikit dibandingkan dengan ekstrakurikuler lainnya.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk  mengetahui sejauh mana minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler tenis meja di SMPN 20 Kota Malang. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa dijadikan pelatih ekstrakurikuler tenis meja, untuk mengambil langkah yang tepat untuk meningkatkan minat dan kualitas siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler tenis meja. Bagi Sekolah SMPN 20 Kota Malang dengan mengetahui minat siswa dalam ektrakurikuler tenis meja untuk mengembangkan dan meningkatkan prestasi ekstrakurikuler tenis meja.

Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitiandeskriptifkualitatif. Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanmetodesurveidenganinstrumenpenelitian berupa kuesioner.Adapun tahapanalisis data menggunakananalisisdeskriptif.

Berdasarkan hasil analisis data dari keempat indikator yang mempengaruhi minat yaitu indikator ketertarikan peserta mencapai 45, 25%,  perasaan senang 43,25%, kemauan 43,75%, dan keterlibatan 43, 75%, makadiperoleh rata-ratakeseluruhanindikatorsebesar 44, 06%. Jumlahpersentasetersebutmenunjukkanbahwa minat peserta ekstrakurikuler tenis meja di SMP Negeri 20 Kota Malang tergolongdalamkategorikurang baik.

Minat peserta yang masih rendah tentu dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk melakukan tindak lanjutbagipelatihmaupun pembina ekstrakurikuler  agar tenis meja dapat menjadi olahraga yang diminati di SMP Negeri 20 Kota Malang. Berbagaimotivasi dan bimbinganperlulebihbervariasiguna meningkatkan minat dan motivasisiswa,serta menarik minta siswa lain untuk ikut bergabung dengan ekstrakurikuler tenis meja.