SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pemberian Effleurage dan Petrissage Sebagai Tambahan Pemanasan terhadap Fleksibilitas Otot Tungkai

Jati Gutomo Aditya

Abstrak


ABSTRAK

 

Aditya, Jati Gutomo. 2014. Pengaruh Pemberian Effleurage dan Petrissage Sebagai Tambahan Pemanasan terhadap Fleksibilitas Otot Tungkai. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: effleurage, petrissage, pemanasan, fleksibilitas otot tungkai

 

Dalam melakukan olahraga tentunya diperlukan suatu fleksibilitas. Fleksibilitas mempunyai peranan yang penting, karena hal tersebut merupakan salah satu pendukung bagi olahragawan atau atlet untuk melakukan aktivitas olahraga dengan baik, sehingga akan memperoleh hasil yang maksimal pula.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian effleurage dan petrissage sebagai tambahan pemanasan terhadap fleksibilitas otot tungkai pada 18 peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Gondang.

Metode penelitian ini dengan menggunakan rancangan penelitian eksperimen semu yang berpola “the one group pre test post test design”. Sebelum melakukan pre test testi diberi pemanasan konvensional saja selama 5 menit yaitu berupa stretching. Sedangkan sebelum post test testi diberi effleurage dan petrissage selama 12 menit sebagai tambahan pemanasan sebelum melakukan pemanasan konvensional berupa stretching. Tes fleksibilitas otot tungkai dilakukan dengan menggunakan alat sit and reach test.

Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh pemberian effleurage dan petrissage sebagai tambahan pemanasan terhadap fleksibilitas otot tungkai. Hal ini dapat dilihat dari uji statistik yaitu uji-t yang menunjukkan bahwa t-hitung -6,221 sedangkan probabilitas (sig 2-tailed) p = 0,000 dengan taraf signifikansi (p < α = 0,05). Selain itu data analisis statistik deskriptif juga menunjukkan perbedaan mean antara sebelum dan sesudah diberi perlakuan effleurage dan petrissage yaitu mean pre test sebesar 14,139 dan mean post test sebesar 16,117.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pemberian effleurage dan petrissage sebagai tambahan pemanasan terhadap fleksibilitas otot tungkai berpengaruh meningkatkan fleksibilitas otot tungkai pada peserta ekstrakurikuler futsal SMA Negeri 1 Gondang. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut dengan melibatkan lebih banyak sampel dengan kelompok kontrol, agar hasil penelitian bisa lebih baik dan dapat digeneralisasikan.