SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

STUDI PERILAKU MAKAN, AKTIVITAS FISIK DAN STATUS GIZI PADA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI TLUMPU KOTA BLITAR

M Nur Ridwan Fauzen

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Fauzen, M Nur Ridwan. 2014. Studi Perilaku Makan, Aktivitas Fisik, dan Status Gizi Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Tlumpu Kota Blitar. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mardianto, M.Kes, (II) Dra. Desiana Merawati, M.S.

 

Kata Kunci: Perilaku Makan, Aktivitas Fisik, Status Gizi

 

Anak usia sekolah adalah investasi bangsa, karena merupakan generasi penerus bangsa. Pada masa usia sekolah, anak mengalami masa pertumbuhan, tumbuh kembang anak usia sekolah tergantung pada kualitas dan kuantitas nutrisi. Keadaan fisik anak berdasarkan makanan yang dikonsumsi dikatakan status gizi. Status gizi seseorang dapat dipengaruhi oleh perilaku makan dan aktivitas fisik. Perilaku makan anak tergantung dari lingkungan dirumah karena pengaruh orang tua dan teman. Kebiasaan makan keluarga secara langsung maupun tidak langsung membentuk kebiasaan konsumsi jenis makanan tertentu pada anak. Apabila pada masa pertumbuhan konsumsi makanan tidak teratur terkontrol dengan baik akan dapat menyebabkan malnutrisi

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui perilaku makan siswa kelas V di SDN Tlumpu Kota Blitar; (2) mengetahui aktivitas fisik siswa kelas V di SDN Tlumpu Kota Blitar; (3) mengetahui status gizi pada siswa kelas V di SDN Tlumpu Kota Blitar; (4) menganalisa perilaku makan dan aktivitas fisik terhadap status gizi siswa kelas V di SDN Tlumpu Kota Blitar.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rancangan penelitian kuantitatif deskriptif  yang bersifat metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara dan kuesioner. Subyek dalam pengumpulan data ini yaitu semua siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tlumpu Kota Blitar, dengan jumlah siswa 42, yang terdiri dari 23 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi, angket, timbangan injak atau seca dan mikrotoise staturmeter.

Hasil Penelitian berdasarkan Chi Square ) untuk perilaku makan anak status gizi baik yaitu 35 anak (83%) dan status gizi kurang 7 anak (17%), dengan memperhatikan dan membandingkan besarnya harga  hitung dengan harga  tabel diketahui bahwa  hitung  tabel yaitu 0,12  58,12. Karena  hitung lebih kecil dari  tabel, maka dapat dinyatakan bahwa perbedaan antara variabel aktivitas fisik dengan status gizi tidak meyakinkan atau signifikan.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah (1) Perilaku makan anak kelas V di SDN Tlumpu Kota Blitar yaitu klasifikasi baik dengan jumlah siswa 35 anak dengan persentase 83% dan klasifikasi kurang dengan jumlah siswa 7 anak dengan persentase 17%. (2) Aktivitas fisik siswa kelas V di SDN Tlumpu Kota Blitar yaitu klasifikasi aktivitas fisik ringan dengan jumlah siswa 41 anak dengan persentase 98% dan klasifikasi aktivitas fisik sedang dengan jumlah 1 anak dengan persentase 2%. (3) Status gizi pada siswa kelas V di SDN Tlumpu Kota Blitar dengan status gizi berdasarkan tabel IMT, normal dengan jumlah 30 anak dengan persentase 71%, kurus dengan jumlah 5 anak dengan persentase 12%, gemuk dengan jumlah 3 anak dengan persentase 7%, obesitas dengan jumlah 4 anak dengan persentase 10% dan tatus gizi berdasarkan klasifikasi dalam Angka Kecukupan gizi (AKG) dalam kalsifikasi baik dengan jumlah siswa 35 anak dengan persentase 83%, kalsifikasi kurang dengan jumlah 7 anak dengan persentase 17%. (4) Perilaku makan dan aktivitas fisik terhadap status gizi siswa kelas V di SDN Tlumpu Kota Blitar rata-rata normal.