SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Masase Olahraga untuk Pemanasan bagi Atlet Pencak Silat PSHT Cabang Malang

Mega Anggraini

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraini, Mega. 2014. Pengembangan Masase Olahraga untuk Pemanasan bagi Atlet Pencak Silat. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S (II) Kurniati Rahayuni, S.Psi, M.Psi

 

Kata Kunci: masase olahraga, pemanasan, pencak silat

 

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan peneliti kepada 20 atlet dan 2 orang pelatih pencak silat PSHT Cabang Malang pada tanggal  12 Februari 2014, melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) didapatkan hasil sebagai berikut: atlet pencak silat PSHT Cabang Malang menyatakan sebelum berlatih selalu melakukan pemanasan, atlet dan pelatih pencak silat PSHT setuju dikembangkan masase olahraga untuk pemanasan pencak silat, atlet pencak silat PSHT Cabang Malang juga membutuhkan panduan dalam melaksanakan masase olahraga untuk pemanasan pencak silat dan dikemas dalam bentuk buku panduan.

Penelitian ini bertujuan mengembangkan masase olahraga untuk  pemanasan pada olahraga pencak silat dalam bentuk yang berbeda dari yang biasa dilakukan untuk membantu menyiapkan kondisi fisik sebelum latihan atau bertanding yaitu dengan mengembangkan masase olahraga untuk pemanasan atlet pencak silat. Diharapkan hasil pengembangan ini bermanfaat untuk atlet pencak silat PSHT Cabang Malang.

Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development (R&D) dari Borg dan Gall. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar.

Hasil pengembangan masase olahraga untuk pemanasan atlet pencak silat PSHT Cabang Malang diperoleh data sebagai berikut: (1) hasil justifikasi ahli masase sebesar 75-100% (sangat baik), (2) hasil justifikasi ahli pencak silat sebesar 75-100% (sangat baik), (3) justifikasi ahli media sebesar 74,16% (sangat baik),  (4) uji coba kelompok kecil sebesar 83% (sangat baik), (5) uji coba kelompok besar sebesar 85% (sangat baik). Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa masase olahraga untuk pemanasan bagi atlet pencak silat PSHT Cabang Malang menarik untuk dipelajari, mudah untuk dipahami, mudah untuk dilakukan, tepat untuk dilakukan pada olahraga pencak silat, serta bermanfaat untuk atlet pencak silat PSHT Cabang Malang.

Produk yang dikembangkan berupa masase olahraga yang khusus dilakukan untuk olahraga pencak silat, pelaksanaan masase ini  disesuaikan dengan karakteristik olah gerak tubuh pada pencak silat yang lebih banyak menguras tenaga  pada otot-otot panjang terutama otot tungkai dan lengan. Pengembangan masase olahraga untuk pemanasan bagi atlet pencak silat PSHT Cabang Malang ini diharapkan dapat dijadikan alternatif pemanasan sebelum berlatih serta dapat membantu atlet pencak silat dalam melakukan persiapan fisik terutama untuk memanaskan badan sebelum latihan atau pertandingan.