SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Untuk Siswa SSB PS COBA Bangunsari Usia 15- 16 Tahun Di Kabupaten Pacitan

RIZKI ASHARI WICAKSONO

Abstrak


ABSTRAK

 

Wicaksono, Rizki Ashari. 2014. Pengembangan Model Latihan Dribbling Dalam Permainan Sepakbola Untuk Siswa SSB PS COBA Bangunsari Usia 15­16 Tahun Di Kabupaten Pacitan. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) I Nengah Sudjana,S.Pd, M.Pd (II) Drs. H.Agus Gatot S, M.Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan, model latihan, dribbling dalam permainan sepakbola

 

Dribbling adalah keterampilan dasar dalam sepak bola, karena semua pemain harus mampu menguasai bola saat sedang bergerak, berdiri, atau bersiap melakukan operan atau tembakan.Menggiring (dribbling) berguna untuk melewati lawan, mencari kesempatan memberi umpan kepada kawan dan untuk menahan bola tetap ada dalam penguasaan. Kenyataan yang ada di lapangan khususnya pada persatuan sepakbola PS COBA Bangunsari Kabupaten Pacitan, model latihan dribbling masih belum mendapatkan perhatian khusus, sehingga diperlukan model latihan dribbling yang jelas dan terprogram. Untuk itu peneliti akan mengembangkan model latihan dribbling dalam permainan sepakbola yang nantinya dapat dijadikan sebagai acuan oleh pelatih dalam menerapkan model latihan dribbling yang dibutuhkan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model latihan dribbling dalam permainan sepakbola di Persatuan sepak bola PS COBA Bangunsari Kabupaten Pacitan yang dapat digunakan sebagai bahan acuan dalam melaksanakan latihan dribbling. Prosedur pengembangan model latihan dribbling melalui tahap-tahap sebagai berikut: (1) Melakukan penelitian,pengumpulan data atau informasi termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka serta analisis kebutuhan, (2) Pembuatan rancangan produk( berupa buku model latihan dribbling sepakbola) rancangan produk yang telah disusun dievaluasi ahli media, (3) Produk awal (berupa buku model latihan dribbling) selanjutnya dievaluasi oleh ahli media,satu ahli kepelatihan sepakbola, (4) Revisi produk awal, berdasarkan hasil dari evaluasi para ahli dan hasil uji coba kelompok kecil yang diadakan dengan menggunakan 10 subjek,(5) Uji lapangan(kelompok besar), yang diadakan menggunakan 15 subjek, (6) Revisi produk akhir berdasarkan hasil uji lapangan(kelompok besar), (7) Hasil akhir produk Pengembangan model latihan dribbling dalam permainan sepakbola untuk siswa SSB PS COBA Bangunsari usia 15-16 tahun di Kabupaten Pacitan yang dihasilkan oleh uji coba lapangan (kelompok besar).

Hasil penelitian dilakukan di lapangan sepakbola Desa Bangunsari Kabupaten Pacitan. Subjek uji coba terdiri dari (1) tinjauan ahli,terdiri 1 0rang ahli yaitu ahli media dan 1 ahli kepelatihan sepakbola (2) uji coba kelompok kecil adalah menggunakan 10 orang pemain sepakbola Persatuan Sepakbola PS COBA Bangunsari Kabupaten Pacitan yang diambil secara random sampling, dan (3) uji coba kelompok besar terdiri dari 15 orang pemain sepakbola Persatuan Sepakbola PS COBA Bangunsari Kabupaten Pacitan. Dari hasil uji coba kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh hasil sangat valid, karena dari kelompok kecil diperoleh hasil 86,6% dan kelompok besar 87%. Dari pengembangan dan prosedur yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil model latihan dribbling dalam permainan sepakbola pada pemain sepakbola Persatuan Sepakbola PS COBA Bangunsari Kabupaten Pacitan dapat digunakan.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar dilakukan uji coba secara berulang-ulang pada subyek yang lebih besar dan diharapkan dapat disosialisasikan kepada persatuan sepakbola yang ada disekitar tempat pengembangan produk, peneliti sendiri dan peneliti lain untuk dikembangkan ke arah lebih lanjut.