SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Minat Siswa Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar

ADIN KURNIAWAN

Abstrak


ABSTRAK

 

Kurniawan, Adin. 2014. Survei Minat Siswa Kegiatan Ekstrakurikuler Sepakbola di Sekolah Menengah Pertama Negeri Se-Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H.Agus Gatot S,M. Kes (II) Dra. Sri Purnami, M. Pd

 

Kata Kunci: minat siswa, ekstrakurikuler sepakbola, SMP Negeri se-Kecamatan Wlingi

                  

Kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SMPN Se-Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar ditetapkan berdasarkan kurikulum Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes). Kegiatan ekstrakurikuler sepakbola bisa menjadi bagian penting dari sekolah bahkan dapat menjadi ciri khas sekolah dan dapat dijadikan sebagai daya tarik untuk menarik calon siswa baru pada tahun ajaran berikutnya, apalagi olahraga sepakbola menjadi olahraga yang paling digemari oleh masyarakat luas sekarang ini.

Antusiasme siswa peserta kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri cukup sedikit terutama di SMP Negeri 1 Wlingi dan yang aktif mengikuti kegiatan esktrakurikuler sepakbola di SMPN Se-Kecamatan Wlingi juga berubah-ubah dalam setiap pertemuannya.

Berdasarkan masalah seperti yang telah diuraikan di atas, maka tujuan utama yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui minat siswa peserta kegiatan ekstrakurikuler terhadap kegiatan ekstrakurikuler sepakbola di SMPN Se-Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar.

            Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data ini dilakukan dengan cara memberikan angket atau kuesioner kepada responden. Subjek penelitian ini adalah siswa peserta ekstakurikuler sepakbola di SMP Negeri Se-Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar

Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dari 71 siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola yang dijadikan responden Jumlah sekolah yang diteliti hanya sebanyak 2 sekolah, yaitu SMPN 1 Wlingi yang berjumlah 27 siswa dan SMPN 2 Wlingi yang berjumlah 44 siswa hasil di SMP Negeri Se-Kecamatan Wlingi memiliki minat sebesar 88,31%.

Berdasarkan hasil penelitian maka peneliti menyarankan agar (1)Perlu adanya peningkatan motivasi dari pihak pembina atau pelatih,  guru dan kepala sekolah  kepada siswa untuk meningkatkan  minat pada siswa di SMPN Se-Kecamatan Wlingi dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler sepakbola. (2)Peningkatan sarana dan prasarana olahraga dalam rangka meningkatkan daya tarik siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler sepakbola. (3)Intensitas penyelenggaraan perlombaan-perlombaan baik secara internal maupun eksternal untuk meningkatkan latihan.