SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kadar Hemoglobin dan VO2 maks pada Siswa Akademi Arema U-16

Pradana Prisma Mahardika

Abstrak


ABSTRAK

 

Mahardika, Pradana Prisma. 2014. Kadar Hemoglobin dan VO2 maks pada Siswa Akademi Arema U-16. Skripsi. Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Saichudin, M.Kes, (II) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes.

 

Kata Kunci: hemoglobin, VO2 maks, Akademi Arema U-16

 

Hemoglobin dan VO2 maks merupakan salah satu faktor penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh, yang sangat dibutuhkan pada olahraga seperti sepakbola. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kadar hemoglobin darah dan VO2 maks siswa Akademi Arema U-16.

Subyek penelitian ini adalah siswa Akademi Arema U-16 yang berjumlah 48 orang. Untuk mengukur tingkat VO2 maks digunakan tes lari multistage (bleep test) dan mengukur kadar hemoglobin menggunakan metode fotoelektrik cyanmethemoglobin yang dilakukan di laboratorium Rumah Sakit Permata Bunda.

Hasil penelitian rata-rata hitung kadar hemoglobin siswa Akademi Arema U-16 adalah 16,2 gr/dl, dengan nilai tertinggi 21,7 gr/dl, dan nilai terendah 9 gr/dl, sedangkan rata-rata VO2 maks 45,84 ml/kg/min, dengan nilai tertinggi 54,3 ml/kg/min, dan nilai terendah 36,8 ml/kg/min.

Berdasarkan hasil analisis data, kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa rata-rata kadar hemoglobin siswa Akademi Arema U-16 adalah 16,2 gr/dl  dan rata-rata VO2 maks adalah 45,84 ml/kg/min. Dari penelitian ini, saran yang dapat diberikan diantaranya (1) bagi siswa untuk menjaga asupan makanan atau nutrisi yang mengandung gizi yang baik dan seimbang (2) bagi pelatih untuk memberikan latihan yang sesuai, agar adaptasi tidak mengalami penurunan (3) bagi pelatih untuk mengadakan evaluasi atau tes secara berkala agar mengetahui bagaimana perkembangan siswa(4) bagi pelatih dan siswa untuk memahami tentang menjaga makanan yang mengandung gizi dan nutrisi yang baik dan seimbang, serta pentingnya berolahraga dan menjaga kondisi fisik, agar komposisi tubuh tidak memiliki proporsi lemak berlebih.