SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN MODIFIKASI PERMAINAN UNTUK SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 3 SRENGAT KABUPATEN BLITAR

Irfan Syarofi

Abstrak


ABSTRAK

 

Syarofi, Irfan. 2014. Pembelajaran Lompat Jauh Gaya Jongkok dengan Modifikasi Permainan untuk Siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Srengat Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Gatot S, M.Kes (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Lompat Jauh Gaya Jongkok, Modifikasi Permainan.

 

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan khususnya materi lompat jauh gaya jongkok belum berjalan dengan baik, hal ini terjadi karena banyak siswa yang mengalami kesulitan dapa saat melakukan gerakan dasar melompat. Bisa dilihat dari hasil observasi awal siswa yang benar memenuhi dari kriteria teknik awalan, tolakan, melayang dan mendarat ada 2 siswa (8,33%), sebaliknya ada 22 siswa (91,66%) yang melakukan kesalahan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan modifikasi prmainan untuk Kelas VII A SMP Negeri 3 Srengat Kabupaten Blitar. Dengan pendekatan modifikasi permainan ini diharapkan dapat meningkatkan pembelajaran. Adapun permainan tersebut meliputi: (1) Permainan Hitam dan Hijau, (2) Permainan lompat ban sepeda, (3) Permainan lompat kancil, (4) Permainan lompat satu kaki beregu, (5) Permainan lompat rintang, (6) Permainan lompat katak.

Metode yang dilakukan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Pelaksanaan tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus yang terdiri 4 tahap pada setiap siklusnya yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi , (4) rerfleksi. Pembelajaran yang digunakan dalam peneliti ada 6 permainan yang telah dimodifikasi adalah permainan hitam dan hijau, permaianan lompat ban sepeda, permaianan lompat kancil, permainan lompat satu beregu, permainan lompat rintang dan permainan lompat katak. Untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu proses serta hasil pembelajaran.

Hasil dari siklus I dan siklus 2 pertemuan pada siklus I saat melakukan awalan tidak terdapat kesalahan, prosentase siswa melakukan kesalahan dari segi teknik tolakan 9 siswa 37,50%, dari teknik melayang 8 siswa 33,33%, dari teknik mendarat 14 siswa 58,33%. Hasil siklus 2 kesalahan siswa melakukan sikap tolakan yaitu sebesar 0% dan saat melakukan gerakan melayang sebesar 2 siswa 8,33% dan saat melakukan gerakan mendarat sebesar 2 siswa 8,33%. Jadi bisa disimpulkan bahwa dari observasi awal sampai dengan siklus 1 dan siklus 2 Penelitian Tindakan Kelas yang diberikan di SMP Negeri 3 Srengat bisa berjalan lancar dan dari siklus 1 sampai 2 siswa mengalami penurunan kesalahan.

Peneliti menyarankan dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok dengan latihan modifikasi permainan untuk meningkatkan siswa melakukan lompat jauh gaya jongkok, karena dengan menggunakan model permainan yang telah dimodifikasi terbukti dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam melakukan gerakan lompat jauh gaya jongkok di SMP Negeri 3 Srengat menjadi lebih baik.