SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

pengaruh latihan kecepatan dan kelincahan terhadap kecepatan menggiring bola melewati rintangan di ssb tulungagung putra usia 9-12 tahun

Arfi Luqman Fajari

Abstrak


ABSTRAK

 

Fajari, Arfi Luqman. 1014. Pengaruh Latihan Kecepatan dan Kelincahan Terhadap kecepatan Menggiring Bola Melewati Rintangan di SSB Tulungagung Putra Usia 9-12 Tahun. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Gatot S, M.Kes (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd.

 

Kata Kunci: eksperimen, latihan kecepatan dan kelincahan, kecepatan menggiring bola melewati rintangan.

 

Berdasarkan pengamatan di lapangan, SSB Tulungagung Putra masih kurang menerapkan latihan kecepatan dan kelincahan pada siswa usia 9-12 tahun. Sedangkan usia tersebut sangat cocok untuk diberikan latihan kecepatan dan kelincahan. Diharapkan latihan kecepatan dan kelincahan dapat meningkatkan kecepatan menggiring bola siswa SSB Tulungagung Putra usia 9-12 tahun.

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui pengaruh latihan kecepatan dan kelincahan terhadapkecepatan Menggiring Bola Melewati Rintangan di SSB Tulungagung Putra Usia 9-12 Tahun.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu karena tidak terdapat kelompok kontrol. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah “the one group pretest-posttest design”. Variabel yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah latihan kecepatan dan kelincahan sebagai variabel bebas dan kecepatan menggiring bola melalui rintangan sebagai variabel terikat. Penelitian ini melalui beberapa tahap, diantaranya: 1) tahap persiapan, 2) pelaksanaan pre-test, 3) pemberian perlakuan, 4) pelaksanaan post-test, 5) analisis data. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SSB TULUNGAGUNG PUTRA usia 9-12 tahun yang berjumlah 20 siswa.

Berdasarkan tabel uji normalitas menunjukkan bahwa nilai Kolmogorov hitungpre-test sebesar 0,114 lebih kecil dari nilai kolmogorov tabel 0,190, dannilai Kolmogorov hitungpost-test  sebesar 0,093 lebih kecil dari nilai kolmogorov tabel 0,190. Jadi data pre-test dan post test mempunyai makna berdistribusi normal.Berdasarkan uji homogenitas melalui metode oneway ANOVA menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0,338 lebih kecil dari F tabel 4,10. Dengan demikian menunjukkan bahwa varian antar kelompok homogen.Berdasarkan hasil perhitungan uji-t amatan ulang diperoleh t-hitung 6,704 sedangkan t-tabel dengan taraf signifikansi 5% dan df 19 adalah 2,093, maka Ho ditolak karena t-hitung 6,704 > t-tabel 2,093 dan Ha diterima.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan kecepatan dan kelincahan terhadap kecepatan menggiring bola melewati rintangan di SSB Tulungagung Putra usia 9-12 tahun. Degan demikian diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan pedoman bagi pelatih SSB TULUNGAGUNG PUTRA usia 9-12 tahun untuk menambah variasi latihan kecepatan dan kelincahan.