SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERBANDINGAN MANAJEMEN KLUB OLAHRAGA USIA DINI ANTARA KECAMATAN LOWOKWARU DENGAN KECAMATAN SUKUN DI KOTA MALANG

Faruk Edo Nurhindarto

Abstrak


ABSTRAK

 

Nurhindarto, Faruk Edo. 2014. Perbandingan Manajemen Klub Olahraga Usia Dini Antara Kecamatan Lowokwaru Dengan Kecamatan Sukun Di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (II) Drs. Agus Gatot S, M.Kes.

 

Kata Kunci: Manajemen, Klub Olahraga, Usia Dini

 

Olahraga usia dini adalah kategori kegiatan olahraga tingkat dasar yang berada di Sekolah Dasar (SD). Dengan mengamati sistem dan jalur pembinaan olahraga prestasi yang ada saat ini, maka orentasi pembinaan olahraga harus segera dilakukan secara mendasar, sistematis, efisien dan terpadu serta mengarah kepada satu tujuan yang sama. Sehubungan dengan uraian di atas, maka upaya untuk mencapai tujuan suatu organisasi diperlukanlah adanya manajemen organisasi olahraga yang baik. Susunan organisasi yang sistematik dan terkoordinasi sangat diperlukan dalam Klub Olahraga Usia Dini. Oleh karena itu manajemen mutlak diperlukan untuk mencapai tujuan dari sebuah organisasi.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen Klub Olahraga Usia Dini di kecamatan Lowokwaru, manajemen Klub Olahraga Usia Dini di kecamatan Sukun, dan perbedaan manajemen Klub Olahraga Usia Dini antara kecamatan Lowokwaru dengan kecamatan Sukun di Kota Malang. Berdasarkan tujuan penelitian, rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian komparatif dan deskriptif kuantitatif. Subyek dari penelitian ini adalah 4 klub olaraga usia dini, masing-masing 2 klub dari kecamatan Lowokwaru dan 2 klub dari kecamatan Sukun. Instrumen yang digunakan adalah angket kuestioner dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan melalui beberapa langkah yang meliputi: (1) tahap observasi ; (2) tahap persiapan ; (3) tahap pelaksanaan ; (4) tahap pelaporan penelitian. untuk angket teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan uji-t paired sample t-test. Studi dilakukan untuk mengetahui perbandingan manajemen klub olahraga usia dini di kecamatan Lowokwaru dengan kecamatan Sukun di Kota Malang.

Berdasarkan hasil perhitungan, uji-t menunjukkan nilai t-hitung sebesar 3,667 dengan taraf signifikansi 5% dan derajat kebebasan (d.b) = N1-1 = 4-1 = 3, didapatkan nilai t-tabel = 3,182 (3,667 > 3,182) sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 diterima. Artinya ada perbedaan manajemen yang signifikan antara manajemen klub olahraga usia dini kecamatan Lowokwaru dengan manajemen klub olahraga usia dini kecamatan Sukun di Kota Malang. Kesimpulan dari rata-rata persentase manajemen, klub olahraga usia dini di kecamatan Lowokwaru lebih baik dari klub olahraga usia dini di kecamatan Sukun dengan perbandingan persentase (57,38% > 42,62%). Saran untuk manajemen klub olahraga usia dini di klub Krida Taruna 1 yaitu peningkatan kualitas latihan, di Krida Taruna 2 yaitu uraian tugas pengurus klub serta narasumber pelatihan, di Victory yaitu mecari bantuan atau sponsor sebagai sumber dana, di Mulya Jaya yaitu penganggaran dan sarana dan prasarana.