SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LATIHAN MULTIBALL TERHADAP KETEPATAN PUKULAN FOREHAND DRIVE PADA SISWA EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA SMP NEGERI 20 KOTA MALANG

Arif Ramadhani

Abstrak


ABSTRAK

 

Ramadhani, Arif. 2014. Pengaruh Latihan Multiball Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Drive Pada Siswa Ekstrakurikuler Tenis Meja di SMP Negeri 20 Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mu’arifin, M.Pd (II) Dr. Saichudin, M.Kes.

 

Kata Kunci: eksperimen, latihan multiball tenis meja, ketepatan forehand drive

 

Forehand drive adalah salah satu senjata offensif yang paling efektif dalam tenis meja. Forehand drive dikatakan efektif apabila hasil pukulannya tepat dengan laju bola yang cepat masuk sasaran lawan. Untuk meningkatkan ketepatan pukulan forehand drive bisa dilakukan dengan menggunakan latihan multiball. Multiball training adalah latihan dimana satu pemain berlatih sedang pemain yang lainnya mengumpankan bola. Menurut guru pendidikan jasmani di SMP Negeri 20 Kota Malang, siswa sering kali melakukan kesalahan pukulan forehand drive dalam memukul bola dalam permainan tenis meja sehingga bola hasil pukulan tidak masuk ke meja lawan atau keluar. Berdasarkan latar belakang di atas penulis merasa perlu untuk melakukan penelitian “Pengaruh Latihan Multiball Terhadap Ketepatan Pukulan Forehand Drive pada Siswa Ekstrakurikuler Tenis Meja SMP Negeri 20 Kota Malang”.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh latihan multiball terhadap ketepatan pukulan forehand drive pada siswa ekstrakurikuler tenis meja SMP Negeri 20 Kota Malang.

Prosedur penelitian ini menggunakan penelitian pra-eksperimental, dimana hanya terdapat satu kelompok subjek yaitu kelompok eksperimen, penelitian ini dilaksanakan melalui beberapa tahap, antara lain: 1) tahap awal, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap pengolahan data. Instrumen yang digunakan adalah tes keterampilan ketepatan pukulan forehand drive. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler tenis meja SMP Negeri 20 Kota Malang yang berjumlah 20 orang.

Dari hasil uji-t berpasangan menggunakan teknik paired samples test didapatkan nilai Sig.(2-tailed) p=0,000 dengan taraf < α=0,05, jadi hasil latihan multiball terdapat pengaruh yang signifikan terhadap ketepatan pukulan forehand drive pada siswa ekstrakurikuler tenis meja SMP Negeri 20 Kota Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa latihan multiball memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap ketepatan pukulan forehand drive pada siswa ekstrakurikuler tenis meja SMP Negeri 20 Kota Malang. Adapun saran dari peneliti, hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan referensi bagi peneliti lain dalam mengembangkan penelitian lebih lanjut serta semoga program latihan multiball tenis meja ini dapat digunakan seterusnya oleh pelatih sehingga program latihan yang digunakan lebih bervariasi.