SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

SurveiMotivasi MemberDalamBermain FutsalDi KeluargaDamaiBaru Sejahtera (KDBS)KecamatanKaranggenengKabupatenLamongan

TSALIS FAHMI

Abstrak


ABSTRAK

 

Fahmi, Tsalis. 2014. Survei Motivasi Member Dalam Bermain Futsal Di Keluarga Damai Baru Sejahtera (KDBS) Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Agus Gatot Subiyantoro, M.Kes, (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: Motivasi, Futsal, Member Keluarga Damai Baru Sejahtera (KDBS) Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan.

 

Futsal adalah olahraga sepakbola mini yang dilakukan oleh 5 pemain termasuk penjaga gawang dan biasa dilakukan dalam ruangan, bisa dilakukan di ruangan Indoor maupun Outdoor rumput yang dipakai adalah rumput sintetis. Motivasi adalah faktor-faktor dan proses yang bermaksud untuk mendorong orang untuk beraksi atau untuk tidak beraksi dalam berbagai situasi member Keluarga Damai Baru Sejahtera (KDBS) Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan dalam bermain futsal.

Member adalah sejumlah manusia yang merupakan satu kesatuan golongan yang berhubungan tetap dan mempunyai kepentingan yang sama.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi yang mempengaruhi member Kecamatan Karaggeneng Kabupaten Lamongan dalam bermain futsal, sehingga dapat digunakan member sebagai masukan untuk mengembangkan kemampuan diri dalam bermain serta usaha dalam bidang olahraga futsal.

Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah member Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan, sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Dengan jumlah populasinya adalah 238 pemain yang tergabung dalam 15 klub futsal. Masing-masing klub diambil 4 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah non tes berupa angket. Sedangkan Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan statistik deskriptif (rata-rata persentase).

Berdasarkan hasil penelitian motivasi member Kecamatan Karanggeneng Kabupaten Lamongan dalam bermain futsal secara keseluruhan diperoleh hasil presentase jawaban yang dominan untuk variabel kebutuhan untuk berprestasi (need for achievement) sebesar 48,79%, dapat dipresentasikan kategori Cukup, variabel untuk berhubungan dengan orang lain (need for affiliation), sebesar 54,16, dapat dipresentasikan kategori Cukup, sedangkan variabel untuk kekuatan atau kekuasaan (need for power) sebesar 47,91%, dapat dipresentasikan kategori Cukup.

Diharapkan member Keluarga Damai Baru Sejahtera (KDBS) Kecamatan Karanggeneng lebih meningkatkan kualitas latihannya agar dapat mencetak member yang mempunyai moral dan budi pekerti yang baik serta menjadi member yang berkualitas dan baik.