SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Kelentukan Pergelangan Tangan Dengan Kemampuan Ketepatan Backhand Drive Pada Peserta Ekstrakurikuler Tenis Meja SMP Plus Al Kautsar Malang

Widya Maulana Safitra

Abstrak


ABSTRAK

 

Safitra, Widya Maulana. 2014. Hubungan Antara Kelentukan Pergelangan Tangan Dengan Kemampuan Ketepatan Backhand Drive Pada Peserta Ekstrakurikuler Tenis Meja SMP Plus Al Kautsar Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Supriyadi, M.Kes (II) Dra. Sri Purnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: kelentukan pergelangan tangan, kemampuan ketepatan backhand drive

 

Olahraga merupakan aktifitas manusia yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan bagi para pelakunya, apakah itu olahraga yang dilakukan dengan tujuan sebagai rekreasi, bersifat kompetitif, bahkan bertujuan ke arah prestasi. Salah satu olahraga yang sangat digemari adalah tenis meja. Pada tenis meja pemain harus mampu menghasilkan poin untuk menang. Untuk menghasilkan poin, maka pemain dituntut memiliki penempatan bola yang tepat sasaran dan sulit dikembalikan oleh lawan. Faktor yang dianggap mempengaruhi kemampuan ketepatan backhand drive adalah kelentukan pergelangan tangan.

Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara kelentukan pergelangan tangan dengan kemampuan backhand drive.    Prosedur dalam penelitian ini menggunakan penelitian korelasional dengan menggunakan 2 variabel. Variabel penelitian ini meliputi variabel bebas yaitu kelentukan pergelangan tangan dan variabel terikat yaitu kemampuan ketepatan backhand drive. Teknik pengambilan sampel dengan teknik total sampling, yaitu pengambilan sampel secara keseluruhan populasi yang berjumlah 26 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan pengukuran kelentukan pergelangan tangan dan kemampuan ketepatan backhand drive.

Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif yaitu statistik deskriptif dan analisis korelasi product moment Pearson. Dari hasil uji korelasi tunggal product moment Pearson diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,554 yang mana lebih besar dari rtabel = 0,374.

Oleh karena rhitung>rtabel (0,554 > 0,374), maka disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara kelentukan pergelangan tangan dengan variabel kemampuan ketepatan backhand drive pada peserta ekstrakurikuler tenis meja di SMP Plus Al Kautsar Malang. Bagi pembina maupun pelatih olahraga tenis meja, disarankan bahwa dalam upaya meningkatkan kemampuan ketepatan backhand drive pada permainan tenis meja, hendaknya memperhatikan unsur-unsur yang dapat menunjang dalam meningkatkan kemampuan ketepatan backhand drive pada permainan tenis meja, yaitu khususnya komponen kondisi fisik kelentukan pergelangan tangan.