SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGARUH LATIHAN KELENTUKAN STATIS TERHADAP PENINGKATAN FLEKSIBILITAS PUNGGUNG PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 REJOTANGAN

DIMAS ABDI SUSILO

Abstrak


ABSTRAK

 

Susilo, Dimas Abdi. 2014. Pengaruh Latihan Kelentukan Statis Terhadap Peningkatan Fleksibilitas Punggung Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rejotangan. Skripsi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Saichudin, M.Kes., (II) Dr. Supriyadi, M.Kes.

 

Kata Kunci: latihan, kelentukan statis, fleksibilitas.

 

Kelentukan mempunyai peranan yang sangat penting pada aktivitas sehari- hari maupun saat aktivitas olahraga, baik itu aktivitas ringan maupun aktivitas berat. Semua bentuk kegiatan manusia selalu memerlukan dukungan fisik sehingga masalah kemampuan fisik merupakan faktor dasar bagi setiap aktivitas manusia. Salah satu komponen kondisi fisik yang penting bagi semua manusia adalah kelentukan. Oleh karena itu fleksibilitas sangat penting terhadap komponen biomotor yang lain. Kurang lentuk adalah salah satu faktor utama yang menyebabkan prestasi yang kurang memuaskan dan teknik yang tidak efisien, termasuk pula penyebab dari banyak ketegangan dan sobeknya otot pada saat melakukan aktivitas berolahraga.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian latihan kelentukan statis terhadap tingkat fleksibilitas punggung pada siswa SMP Negeri 1 Rejotangan.

Rancangan penelitian ini menggunakan metode penelitian pra-eksperimen. Desain penelitian yang akan diterapkan adalah rancangan pretest dan perlakuan posttest satu kelompok yang dipilah secara acak. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rejotangan yang berjumlah 20 orang. Kemudian sampel diuji dengan menggunakan uji-t amatan ulangan dan pengujian data menggunakan program SPSS versi 16 agar diketahui nilai analisis statistik deskriptif, selanjutnya dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dengan uji Levene, dan terakhir dilakukan uji-t amatan ulangan.

Berdasarkan hasil analisis data, dapat diperoleh perbedaan rata-rata tes kelentukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rejotangan antara pretest dan posttest hasil uji-t amatan ulangan menunjukkan t-hitung 9,284 sedangkan probabilitas (sig 2-tailed) p = 0,000 dengan taraf signifikansi (p < α = 0,05), yang berarti ada perbedaan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh pemberian latihan kelentukan statis berpengaruh pada tingkat fleksibilitas.

Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan sebagai tambahan ilmu dalam bidang olahraga dan dapat diterapkan untuk kalangan atlet maupun non atlet dan juga sebagai tambahan program latihan kelentukan guna menambah tingkat fleksibilitas. Pada penelitian ini tidak menggunakan kelompok kontrol, seharusnya pada penelitian ini menggunakan kelompok kontrol sehingga hasilnya dapat digeneralisasikan.