SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODEL LATIHAN KIPER USIA 15-16 DI SSB CJI KECAMATAN REJOSO KABUPATEN PASURUAN

Didik Purnawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Purnawan, Didik. 2014. Pengembangan Model Latihan Kiper Usia 15-16 di SSB CJI Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Agus Gatot S,M.Kes., (II) Dra. Sripurnami, M.Pd.

 

Kata Kunci: model latihan , kiper usia 15-16

 

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti dengan pelatih dan kiper SSB CJI Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan pada tanggal 1 September 2013, latihan kiper yang dilakukan masih belum efektif, serta belum adanya panduan atau pelatih kiper yang bisa memberi latihan kiper yang baik  dalam melaksanakan program latihan kiper. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada 23 kiper SSB CJI Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan, dengan hasil sebagai berikut: Kiper SSB CJI Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan membutuhkan panduan dalam melaksanakan latihan dan dikemas dalam bentuk buku saku.

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan model latihan kiper yang lebih bervariasi. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam latihan, agar kiper SSB CJI Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan lebih antusias, bersemangat, dan tidak jenuh dalam mengikuti latihan kiper.

Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development dari Borg dan Gall. peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan model  latihan untuk kiper SSB CJI Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan adalah sebagai berikut: (1) riset dan pengumpulan informasi dalam melakukan penelitian awal atau analisis kebutuhan (need assesment) dengan kuesioner yang ditujukan kiper SSB CJI Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan, (2) pengembangan bentuk produk awal (penyiapan model latihan kiper, buku saku yang akan digunakan, dan perlengkapan evaluasi) kemudian dievaluasi oleh ahli latihan sepakbola, (3) uji kelompok kecil, menggunakan sampel berjumlah 6 kiper, (4) revisi produk awal (sesuai dengan saran dari tinjauan para ahli pada uji coba kelompok kecil), (5) uji kelompok besar, dilakukan pada sampel yang berjumlah 23 kiper, (6) revisi produk akhir sesuai dengan saran dari hasil uji coba kelompok besar, (7) hasil akhir produk berupa pengembangan model latihan kiper usia15-16 di SSB CJI Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan yang dihasilkan oleh uji coba kelompok.

Hasil pengembangan model latihan kiper usia 15-16 menggunakan media buku di SSB CJI Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan  diperoleh data sebagai berikut: (1) justifikasi ahli pelatih sepakbola sebesar 79,2% (baik), (2) justifikasi ahli media sebesar 77,3% (baik),  (3) uji coba tahap I (kelompok kecil) sebesar 89,73% (baik sekali), (5) uji coba tahap II (kelompok besar) sebesar 92,13% (baik sekali). Hasil pengembangan model latihan kiper usia 15-16 di SSB CJI Kecamatan Rejoso Kabupaten Pasuruan  menarik untuk dilakukan.