SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model-model Latihan Teknik Scull Renang Gaya Dada untuk Siswa Ekstrakurikuler Renang di SMPN 18 Malang

Ade Ibad Permadi

Abstrak


ABSTRAK

 

Permadi, Ade Ibad. 2014. Pengembangan Model-model Latihan Teknik Scull Renang Gaya Dada untuk Siswa Ekstrakurikuler Renang SMPN 18 Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S (II) Usman Wahyudi, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: latihan teknik scull, siswa ekstrakurikuler renang

Berdasarkan observasi awal yang telah dilakukan peneliti kepada siswa ekstrakurikuler renang SMPN 18 Malang pada tanggal  29 Januari 2014, latihan teknik scull yang dilakukan masih menggunakan model latihan yang biasa seperti metode drill sehingga terlalu monoton dan membosankan, serta belum adanya panduan yang jelas dan pasti dalam melaksanakan program latihan teknik scull. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada 27 siswa ekstrakurikuler renang SMPN 18 Malang, dengan hasil sebagai berikut: siswa membutuhkan variasi model latihan teknik scull, siswa juga setuju jika dibuatkan model-model latihan teknik scull yang dikemas dalam bentuk buku panduan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, memperbarui, dan lebih mempervariasikan latihan teknik scull yang sebelumnya terkesan membosankan karena masih menggunakan latihan yang monoton dan tidak bervariasi. Diharapkan hasil dari pengembangan ini siswa ekstrakurikuler renang SMPN 18 Malang tidak merasa jenuh dan membosankan dalam setiap latihan teknik scull, serta dengan adanya model latihan tersebut dapat meningkatkan kemahiran teknik scull dan dapat menjadi solusi dalam setiap latihan.

Metode penelitian ini menggunakan 7 metode yang mengacu pada model pengembangan research and development (R&D) dari Borg dan Gall. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan besar.

Hasil pengembangan model latihan teknik scull untuk siswa ekstrakurikuler renang SMPN 18 Malang diperoleh data sebagai berikut: (1) justifikasi ahli kepelatihan sebesar 75% (baik) dan 100% (sangat baik); (2) justifikasi ahli renang sebesar 50% (cukup, digunakan dengan revisi), 75% (baik), dan 100% (sangat baik); (3) justifikasi ahli media sebesar 75% (baik), 87,5% (sangat baik), dan 95,8% (sangat baik);  (4) uji coba kelompok kecil sebesar 86,9% (sangat baik); (5) uji coba kelompok besar sebesar 86% (sangat baik). Hasil pengembangan secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model latihan teknik scull untuk siswa ekstrakurikuler renang SMPN 18 Malang menarik untuk dilakukan, aman untuk dilakukan, mudah untuk dilakukan, tepat untuk dilakukan, serta bermanfaat untuk siswa ekstrakurikuler renang SMPN 18 Malang dalam latihan teknik scull. Produk yang dikembangkan berupa model latihan yang baru, latihan disesuaikan dengan karakteristik masing-masing siswa dan mengutamakan waktu latihan yang efektif dengan cara menambahkan durasi dan jarak dalam setiap latihan. Pengembangan model latihan teknik scull ini dapat membantu siswa ekstrakurikuler renang lebih semangat dan antusias dalam mengikuti latihan.