SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Upaya Pencapaian Adiwiyata di SMA Negeri 8 Malang

Bayu Adha Riyandhika

Abstrak


ABSTRAK

 

Adha Riyandhika, Bayu. 2014. Upaya Pencapaian Adiwiyata di SMA Negeri 8 Malang, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Saichudin, M.Kes, (II) dr Rias Gesang Kinanti, M.Kes.

 

Kata Kunci : upaya pencapaian, adiwiyata di SMA Negeri 8 Malang.

Pada tahun 1996 disepakati kerjasama pertama antara Departemen Pendidikan Nasional dan Kementerian Negara Lingkungan Hidup, yang diperbaharui pada tahun 2005 dan tahun 2010. Sebagai tindak lanjut dari kesepakatan tahun 2005, pada tahun 2006 Kementerian Lingkungan Hidup mengembangkan program pendidikan lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar dan menengah melalui program Adiwiyata. Sebagai upaya menanamkan nilai budaya dan peduli lingkungan di sekolah yang lebih banyak di wilayah Indonesia, maka perlu ditetapkan sebuah target pencapaiannya. Target pencapaian jumlah sekolah adiwiyata dari tahun 2012 sampai tahun 2014 adalah 6.480 sekolah. Pada tahun 2006 sampai 2011 yang ikut partisipasi dalam program Adiwiyata baru mencapai 1.351 sekolah dari  251.415 sekolah (SD, SMP, SMA, SMK). Di Kota Malang, sekolah menengah atas yang mendapat Adiwiyata Nasional adalah SMA Negeri 5 pada tahun 2007, SMA Negeri 10 pada tahun 2008 dan SMA Negeri 8 pada tahun 2012.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan Upaya Pencapaian Kebijakan Berwawasan Lingkungan di SMA Negeri 8 Malang; (2) mendeskripsikan Upaya Pencapaian Kurikulum Berbasis Lingkungan di SMA Negeri 8 Malang; (3) mendeskripsikan Upaya Pencapaian Kegiatan lingkungan Berbasis Partisipatif di SMA Negeri 8 Malang; (4) mendeskripsikan Upaya Pencapaian Pengelolaan Sarana Pendukung Sekolah yang ramah lingkungan di SMA Negeri 8 Malang.

 Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan, yaitu suatu metode penelitian yang isinya menggambarkan secara obyektif dan menggambarkan tentang Upaya Pencapaian Adiwiyata di SMA Negeri 8 Malang. Dalam penelitian ini, peneliti sendirilah yang menyusun instrumen untuk alat penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini adalah warga SMA Negeri 8 Malang. Sampel pendukungnya adalah Kepala Sekolah, 10 guru, 5 karyawan, 40 murid di SMA Negeri 8 Malang yang di ambil secara acak dan 3 guru yang ditunjuk sebagai penanggung jawab adiwiyata di SMA Negeri 8 Malang. Setelah data tersebut diperoleh kemudian dilakukan pengecekan keabsahan data dengan metode trianggulasi.

Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya pencapaian Kebijakan Berwawasan Lingkungan di SMA Negeri 8 Malang sudah mencapai 100%; (2) Upaya pencapaian Kurikulum Berbasis Lingkungan di SMA Negeri 8 Malang mencapai 95%; (3) Upaya pencapaian Kegiatan Lingkungan Berbasis Partisipatif di SMA Negeri 8 Malang mencapai 82,5%; (4) Upaya pencapaian Pengelolaan Sarana Prasarana Lingkungan di SMA Negeri 8 Malang mencapai 98%. Atas semua upayanya, SMA Negeri 8 Malang menjadi pemenang sebagai Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional pada tanggal 5 Juni 2012.