SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2007

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Antara Kualitas Layanan Pusat Kebugaran dan Tingkat Kepuasan Pelanggan Senam Erobik se-Kecamatan Klojen Kota Malang

Oktiami .

Abstrak


ABSTRAK

 

Oktiami. 2007. Hubungan Antara Kualitas Layanan Pusat Kebugaran dan Tingkat Kepuasan Pelanggan Senam Erobik se-Kecamatan Klojen Kota Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mulyani Surendra, M.S.,  (II) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes.

 

Kata kunci : kualitas layanan, pusat kebugaran, tingkat kepuasan.

 

 

            Kualitas layanan pusat kebugaran memegang peranan penting dalam menentukan tingkat kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) seberapa tinggi  kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan senam erobik, (2) seberapa tinggi tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan di pusat kebugaran se-Kecamatan Klojen, (3) hubungan antara kualitas layanan dan tingkat kepuasan  pelanggan senam erobik di pusat kebugaran se-Kecamatan Klojen.

            Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kualitas layanan pusat kebugaran yang terdiri dari bukti fisik, bukti kehandalan, bukti jaminan, bukti daya tanggap, dan bukti empati. Sedangkan variabel terikat adalah tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan rancangan deskriptif korelasional, yang dilakukan di 5 pusat kebugaran se-Kecamatan Klojen. Data dikumpulkan dengan angket/kuesioner dan dianalisis dengan teknik deskriptif dan korelasional. Sampel penelitian ini adalah pelanggan senam erobik di 5 pusat kebugaran se-Kecamatan Klojen yang berjumlah 61 orang.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kualitas layanan yang diberikan kepada pelanggan senam erobik pada kategori sangat tinggi dengan persentase 96,988%, (2) tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan di pusat kebugaran se-Kecamatan Klojen pada kategori sangat tinggi dengan persentase 96,988%, (3) ada hubungan positif yang signifikan antara kualitas layanan dengan tingkat kepuasan pelanggan senam erobik dengan koefisien determinasi berganda R² = 0,584 (p = 0,000 < 0,05) yang berarti 58,4% tingkat kepuasan dapat dipengaruhi oleh adanya kualitas layanan.

      Saran yang dapat dikemukakan berdasarkan hasil penelitian ini antara lain kepada: (1) para pengelola pusat kebugaran; dari hasil penelitian disebutkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan terhadap layanan yang diberikan di pusat kebugaran se-Kecamatan Klojen pada kategori sangat tinggi, hendaknya hal ini dipertahankan dan diusahakan agar tidak menurun. (2) Jurusan Ilmu Keolahragaan; hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan untuk pengembangan jurusan, dalam hal pengelolaan sanggar senam dan fitness yang lebih baik. (3) peneliti lain; hasil penelitian ini dapat dipergunakan sebagai acuan apabila peneliti lain berminat lebih lanjut meneliti tentang manajemen layanan di fitness center dengan populasi dan latar yang berbeda.

 

 

 

 


Teks Penuh: DOC PDF