SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pembelajaran Gerak Kelincahan Dengan Menggunakan Permainan Ronde dan Perburuan Badak Untuk Siswa Kelas V SDN Tiga Dengkol Singosari Kabupaten Malang

Gigih Rangga Permana

Abstrak


ABSTRAK

 

Rangga .P, Gigih. 2014. Pengembangan Pembelajaran Gerak Kelincahan Dengan Menggunakan Permainan Ronde dan Perburuan Badak Untuk Siswa Kelas V SDN Tiga Dengkol Singosari Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S. (II) I Nengah Sudjana, S.Pd, M.Pd

Kata Kunci: pengembangan, pembelajaran, permainan.

Pembelajaran pada dasarnya merupakan upaya memfasilitasi siswa agar menjadi sosok/individu sesuai dengan kompetensi yang diharapkan, Untuk mencapai harapan tersebut (yang dideskripsikan dalam kompetensi dasar, indikator dan tujuan pembelajaran), diperlukan materi, proses pembelajaran dan evaluasi. Pembelajaran yang diberikan guru kepada siswa harus jelas dan berjalan dengan baik, agar siswa memahami isi materi yang diajarkan. Metode yang digunakan harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan karena metode pembelajaran yang tepat akan dapat mempengaruhi ketercapaian dari tujuan pembelajaran.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan pembelajaran aktivitas gerak kelincahan dengan menggunakan permainan ronde dan perburuan badak untuk siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tiga Dengkol Singosari Kabupaten Malang, agar siswa lebih senang dan aktif bergerak dalam pembelajaran aktivitas gerak kelincahan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg and Gall. Dari sepuluh langkah pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall, peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah yang meliputi: (1) pengumpulan informasi, (2) rancangan produk awal, (3) evaluasi ahli, (4) revisi I rancangan produk, (5) uji coba tahap I, (6) revisi II dan uji coba tahap II, (7) revisi dan produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner, (8) produk di kemas dalam bentuk buku panduan.

Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari uji coba kelompok kecil diperoleh hasil rata-rata persentase untuk permainan ronde 80,84 % yang berarti baik dan untuk permainan perburuan badak diperoleh hasil rata-rata persentase 81,25 % yang berarti baik sekali, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktivitas gerak kelincahan dengan menggunakan permainan ronde dan perburuan badak bisa digunakan pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tiga Dengkol Singosari Kabupaten Malang.

Hasil produk pengembangan pembelajaran gerak kelincahan dengan menggunakan permainan ronde dan perburuan badak untuk siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Tiga Dengkol Singosari Kabupaten Malang antara lain: (1) pembelajaran dengan menggunakan permainan ini membuat siswa menjadi senang, aktif bergerak dan lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran aktivitas gerak kelincahan, (2) permainan ini mudah, menarik dan aman bila dimainkan oleh anak Sekolah Dasar kelas V.