SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

meningkatkan kebenaran gerak tolakan lompat jauh dengan menggunakan metode bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani pada kela VII SMPN 1 ngunut kabupaten tulungagung

zainul ariep

Abstrak


ABSTRAK

 

Ariep, Zainul. 2013. Meningkatkan Kebenaran Gerak Tolakan Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Metode Bermain Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Pada Kelas VII SMPN 1 Ngunut Kabupaten Tulungagung. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Mardianto, M.Kes, (II) Dra. Sulistyorini, M.Pd.

 

Kata kunci: Kebenaran Gerak Tolakan, Lompat Jauh Gaya Jongkok, Metode Bermain.

Salah satu materi pendidikan jasmani yang termasuk dalam kompetensi dasar atletik Sekolah Menengah Pertama adalah lompat jauh. Lompat jauh merupakan suatu gerakan melompat menggunakan tumpuan satu kaki untuk mencapai hasil jarak terjauh. Pembelajaran lompat jauh di sekolah umumnya belum berjalan dengan lancar, demikian pula yang terjadi pada kelas VII SMPN Ngunut I Kabupaten Tulungagung. Hal tersebut dikarenakan banyak faktor, salah satu diantaranya penerapan metode pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa.

Berdasarkan hasil observasi awal, diperoleh hasil bahwa penguasaan keterampilan lompat jauh gaya jongkok siswa kelas VII SMPN Ngunut I Kabupaten Tulungagung dapat dikatakan kurang baik karena dari keempat teknik dasar yang diamati, seperti awalan, tolakan, saat melayang, dan saat mendarat persentase kesalahan masih banyak terlihat pada teknik saat tolakan yaitu 66,6%. Penelitian ini bertujuan pembenaran gerak tolakan pada lompat jauh gaya jongkok dengan metode bermain. Metode bermain digunakan agar siswa tidak bosan selama pembelajaran lompat jauh gaya jongkok khususnya pada teknik tolakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang pada prakteknya peneliti berkolaborasi dengan guru pendidikan jasmani, yang mengajar di kelas VII SMPN Ngunut I Kabupaten Tulungagung. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN Ngunut I Kabupaten Tulungagung.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui tes praktik lompat jauh gaya jongkok, observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian tindakan kelas terdiri dari siklus-siklus yang saling berhubungan dimana pada tiap-tiap siklus terdiri dari tahap-tahapan; 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan (observasi), dan 4. Refleksi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah melakukan pembelajaran dengan  metode bermain terjadi peningkatan pada keterampilan gerak tolakan siswa selama mengikuti pembelajaran lompat jauh dari tiap siklus. Siklus 1 terdiri dari 3 pertemuan dan siklus 2 terdiri dari 2 pertemuan. Pada siklus 1 dari aspek saat siswa melakukan tolakan dengan koordinasi yang baik sebesar 66,6%. Hasil siklus 2 menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan lompat jauh khususnya pada tolakan dengan keberhasilan dari aspek saat siswa melakukan tolakan dengan koordinasi yang baik sebesar 93,3%.

Berdasarkan hasil penellitian ini, peneliti menyarankan bagi guru Pendidikan Jasmani di SMPN Ngunut I dapat menggunakan metode bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga, dan kesehatan. Metode bermain dapat dijadikan alternatif  pilihan dalam pembelajaran lompat jauh gaya jongkok khususnya pada tolakan karena  berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa metode bermain dapat meningkatkan kebenaran tolakan lompat jauh pada siswa kelas VII SMPN Ngunut I Kabupaten Tulungagung.