SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Teknik Dasar Shooting Pada Permainan Sepakbola Untuk Usia 12-15 Tahun Pada Kegiatan Ekstrakurikuler di SMPN 1 Kota Blitar

Eska Pradana Putra

Abstrak


Shooting adalah merupakan teknik dasar dari permainan sepakbola. Dalam permainan sepakbola hasil akhir dari sebuah teknik dasar seperti drible, passing, longpass, throw-in yang lainnya hasil akhir pasti akan melakukan tendangan shooting atau tendangan ke gawang. Sedangkan para peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMPN 1 Kota Blitar mengalami kesulitan setelah peneliti melakukan observasi dan menganalisis data, untuk itu peneliti akan mengembangakan sebuah model-model latihan shooting dalam permainan sepakbola yang nantinya akan digunakan sebagai panduan oleh pelatih maupun para peserta ekstrakulikuler dalam pelaksanaan latihan sepakbola di SMPN 1 Kota Blitar
Tujuan pengembangan produk ini adalah menghasilkan model-model latihan shooting yang menarik dalam permainan sepakbola dan nantinya produk ini dikemas dalam sebuah buku panduan bagi pelatih maupun peserta ekstrakulikuler.
Pengembangan menggunakan model pengembangan Borg dan Gallyang diadaptasi menjadi model yang sederhana yaitu: (1) menentukan potensi dan masalah penelitian; (2) mengumpulkan informasi, (a) mengkaji bahan pustaka, (b) analisis kebutuhan; (3) mendesain produk;(4) validasi desain,uji ahlisepakbola (2 orang); (5) perbaikan atau revisi desain; (6) uji coba tahap I (kelompok kecil 6 orang); (7) revisi II; (8) uji coba tahap II (kelompok besar sejumlah 30orang); (9) produk akhir pengembangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.
Berdasarkan hasil validasi desain, uji coba tahap I (kelompok kecil)
uji coba tahap II (kelompok besar)di dapatkan data bahwa produk tersebut memanglayak digunakan oleh pelatih maupun para peserta ekstrakulikuler di SMPN 1 Kota Blitar. Produk ini telah melalui uji ahli, sehingga banyak masukan untuk perbaikan produk untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Produk mudah dipahami bagi pelatih dan para peserta ekstrakulikuler, dan bukunya menarik karena terdapat gambar dan warna yang menarik.
Produk pengembangan ini memiliki beberapa kelemahan yaitu produk ini masih memerlukan evaluasi dan ujicoba pada subyek yang lebih besar atau lebih luas demi pengembangan lebih lanjut model latihan shootingdalam permainan sepakbola disarankan perlu adanya tindak lanjut oleh peneliti lain yang sesuai dengan pengembangan ini, yaitu mengadakan uji lapangan dengan jumlah kelompok yang lebih besar, sehingga pengembangan ini dapat terlihat manfaatnya.