SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Materi Plantae Kelas X IPA 4 MAN 3 Malang

Putri Ayu Anjulla

Abstrak


ABSTRAK

Anjulla, Putri Ayu. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Biologi Materi Plantae Kelas X IPA 4 MAN 3 Malang. Skripsi, Program Studi Biologi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Istamar Syamsuri, M.Pd., (2) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd.
Kata kunci: Group Investigation (GI) berbantuan Information Communcation Technology (ICT), motivasi belajar, hasil belajar biologi.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi Biologi kelas X IPA 4 MAN 3 Malang diketahui bahwa hasil belajar siswa rendah dengan rata-rata nilai yang dicapai oleh siswa yaitu pada rentangan 65-75, sedangkan siswa yang dapat mencapai KKM hanya sebesar 61%. Kesulitan yang dihadapi oleh guru pada saat pembelajaran adalah kurangnya motivasi siswa untuk belajar sehingga banyak siswa yang cenderung tidak berkonsentrasi dan tidak memperhatikan pada saat penyampaian materi. Hal tersebut menyebabkan suasana kelas kurang kondusif untuk kegiatan belajar mengajar dan materi pelajaran yang harusnya dikuasai siswa tidak dapat dipahami dengan baik. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu diterapkan pembelajaran GI berbantuan ICT untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Biologi siswa kelas X IPA 4 MAN 3 Malang.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan ndekatan kualitatif. PTK dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah siswa kelas X IPA 4 semester genap yang berjumlah 18 siswa. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari hingga Maret 2014. Instrumen yang digunakan dalam pembelajaran adalah lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guru, catatan lapangan, lembar observasi motivasi belajar, soal tes kognitif, dan rubrik penilaian psikomotor.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata persentase ketercapaian motivasi belajar siswa mengalami peningkatan mulai sebelum tindakan ke siklus I, hingga dari siklus I ke siklus II. Motivasi belajar berdasarkan hasil observasi motivasi mengalami peningkatan dengan persentase sebesar 14,85% dari sebelum tindakan ke siklus I, dan 11,2% dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar Biologi siswa juga mengalami peningkatan dengan persentase peningkatan rata-rata nilai kognitif, dan psikomotor sebesar 7,3%, dan 4,1% dari sebelum tindakan ke siklus I, dan sebesar 5,7%, dan 6,3% dari siklus I ke siklus II, serta peningkatan ketuntasan belajar kognitif, dan psikomotor adalah sebesar 11%, dan 17% dari sebelum tindakan ke siklus I, dan sama-sama sebesar 6% dari siklus I ke siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran GI berbantuan ICT dapat meningkatkan motivasi dan haisl belajar Biologi siswa kelas X IPA 4 MAN 3 Malang pada materi Plantae. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan guru bidang studi ataupun peneliti yang lain untuk menerapkan pembelajaran tersebut.