SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Variasi Latihan Passing yang Dikombinasikan dengan Dribbling dan Controlling dalam Permainan Sepakbola untuk Siswa Usia 10-12 Tahun di SSB Bintang Doger Kabupaten Jember

Arizal Kurniawan

Abstrak


ABSTRAK


Kurniawan, Arizal. 2014. Pengembangan Variasi Latihan Passing yang Dikombinasikan dengan Dribbling dan Controlling dalam Permainan Sepakbola untuk Siswa Usia 10-12 Tahun di SSB Bintang Doger Kabupaten Jember. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Eko Hariyanto, M.Pd, (II) Drs. H. Agus Gatot S, M.Kes.

Kata Kunci: Latihan, sepakbola, passing, dribbling, controlling

    Sepakbola adalah permainan beregu yang dimainkan oleh individu-individu. Dalam permainan sepakbola diperlukan sebuah kerjasama tim yang baik untuk dapat mencetak gol ke gawang lawan. Salah satu teknik dasar dalam sepakbola yang berfungsi untuk menjalin kerjasama antar pemain adalah passing. Penguasaan teknik passing yang baik dan benar dapat membantu untuk menciptakan sebuah kerjasama tim yang baik pula. Berdasarkan analisis kebutuhan awal dan observasi yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemain usia 10-12 tahun di Sekolah Sepakbola Bintang Dhoger membutuhkan variasi latihan passing. Latihan passing yang dilakukan selama ini masih kurang bervariasi dan menyebabkan pemain merasa jenuh. Oleh sebab itu penelitian ini mengambil fokus variasi latihan passing yang dikombinasikan dengan dribbling dan controlling dalam permainan sepakbola untuk anak usia 10-12 tahun sehingga diharapkan pemain dapat terhindar dari rasa jenuh saat melakukan latihan passing.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menyusun dan mengembangkan variasi latihan passing yang bervariatif untuk anak usia 10-12 tahun di SSB Bintang Doger Kabupaten Jember. Buku panduan variasi latihan passing yang dapat digunakan pelatih pada siswa usia 10-12 tahun di SSB Bintang Doger Kabupaten Jember ini diharapkan dapat memberikan beberapa pilihan model latihan passing yang dapat diterapkan kepada pemain sehingga latihan passing yang akan dilakukan menjadi lebih bervariasi dan menghindarkan para pemain dari kejenuhan saat melakukan letihan passing.
Metode penelitian dan pengembangan variasi latihan passing yang dikombinasikan dengan dribbling dan controlling dalam permainan sepakbola untuk anak usia 10-12 di Sekolah Sepakbola Bintang Doger Kabupaten Jember ini menggunakan model penelitian dan pengembangan milik Borg dan Gall yang dimodifikasi menjadi 7 tahap yang telah dikuatkan Sukmadinata yang telah melakukan empat penelitian yang mendasari modifikasi dari model penelitian dan pengembangan milik Borg dan Gall, 7 tahap tersebut antara lain: 1)Melakukan penelitian dan pengumpulan data, termasuk observasi lapangan, kajian pustaka, serta analisis kebutuhan. 2)Mengembangkan produk awal. 3)Evaluasi dari ahli 4)Uji coba kelompok kecil. 5)Revisi produk awal 6)Uji coba kelompok besar 7)Revisi produk akhir yang menghasilkan produk akhir. Hasil akhir produk pengembangan berupa buku panduan variasi latihan  passing yang dikombinasikan dengan dribbling dan controlling dalam sepakbola untuk anak usia 10-12. Pengumpulan data dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan menggunakan angket dan observasi.
Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah 9 variasi latihan passing yang dikombinasikan dengan dribbling dan controlling dalam sepakbola untuk anak usia 10-12 yang di susun dalam bentuk buku panduan. Hasil evaluasi akhir yang diperoleh dari ahli sepakbola menyatakan persentase sebesar 79,63%. Hasil evaluasi dari ahli kepelatihan sepakbola menyatakan persentase sebesar 93,5%. Hasil evaluasi ahli media menyatakan persentase sebesar 83,33%. Hasil uji coba kelompok kecil yaitu 12 pemain usia 10-12 tahun menyatakan 85,11% yang berarti variasi latihan yang dikembangkan sangat valid. Hasil uji coba kelompok besar yaitu 30 pemain usia 10-12 tahun menyatakan 84,78% yang berarti variasi latihan yang dikembangkan sangat valid.
Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan bahwa 9 variasi latihan passing yang dikombinasikan dengan dribbling dan controlling dalam sepakbola untuk anak usia 10-12 sangat valid sehingga layak untuk digunakan dalam latihan sepakbola khususnya passing.