SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Latihan Pliometrik untuk Three Point-Shoot Menggunakan Stimulasi Pleksus Brakhialis pada Siswa Ekstrakurikuler di SMA Brawijaya Smart School Malang.

Indria Ayu Retnaning Apsarti Leksono

Abstrak


i
ABSTRAK
Leksono, Indria Ayu Retnaning Apsari. 2014. Pengembangan Model Latihan Pliometrik untuk Three Point-Shoot Menggunakan Stimulasi Pleksus Brakhialis pada Siswa Ekstrakurikuler di SMA Brawijaya Smart School Malang. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (II) Dr. Saichudin M.Kes, (II) Drs. Oni Bagus Januarto, M.Kes.
Kata Kunci: Pengembangan, Latihan Pliometrik, three point-shoot, Pleksus Brakhialis.
Salah satu komponen yang sangat penting dalam latihan bolabasket adalah melatih power. Salah satu latihan yang biasa digunakan untuk melatih lengan adalah latihan pliometrik. Melatih power seharusnya tidak hanya difokuskan pada tungkai saja, tetapi juga harus dilatihkan pada anggota gerak atas karena dalam olahraga bolabasket menggunakan kombinasi power tungkai dan lengan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang diberikan pada siswa ekstrakurikuler, diketahui bahwa latihan pliometrik menggunakan stimulasi saraf diperlukan untuk meningkatkan kemampuan tembakan tiga angka.
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan latihan pliometrik untuk meningkatkan kemampuan three-point shoot bolabasket menggunakan stimulasi saraf Pleksus Brakhialis pada siswa ekstrakurikuler bolabasket di SMA Brawijaya Smart School Malang yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dalam tembakan tiga angka.
Berdasarkan 10 langkah penelitian dan pengembangan yang dikemukakan Borg dan Gall, peneliti menggunakan 7 langkah yang disesuaikan dengan karakteristik yang akan diteliti dan sesuai dengan kondisi, yaitu (1) Melakukan analisis kebutuhan (need assesment) untuk memperoleh informasi awal dengan cara menyebar kuesioner yang ditujukan kepada 34 siswa ekstrakurikuler bolabasket di SMA Brawijaya Smart School Malang, (2) Melakukan perencanaan pengembangan, (3) Pengembangan produk, (4) Persiapan uji coba kelompok kecil menggunakan 6 subjek, (5) Revisi produk pertama (berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil), (6) Uji coba kelompok besar menggunakan 28 subjek, (7) Revisi produk (berdasarkan hasil uji coba kelompok besar).
Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata persentase 82% dan pada uji coba kelompok besar diperoleh rata-rata persentase 85,8%. Hasil produk yang telah direvisi terdiri dari 6 model latihan pliometrik, yaitu ball up down throw, ball jump pass, ball overhead throw, ball one arm throw, ball over shot, dan ball throw extend legs yang seluruhnya dilakukan berpasangan (with partner). Diharapkan produk hasil pengembangan ini dapat diujicobakan kepada subjek yang lebih luas dan dapat digunakan oleh semua pemain sebagai latihan untuk meningkatkan power lengan. Selain itu, diharapkan pada penelitian selanjutnya, untuk menguji tingkat keefektifan produk yang telah dikembangkan.