SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Pelatihan Fisioterapi Contrast Bath Dengan Media Video Pada Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

(Mustofa) Mustofa

Abstrak


Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti dengan mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang pada tanggal 24 Desember 2013, pembelajaran fisioterapi contrast bath di kelas dilaksanakan dengan metode ceramah dengan bantuan media cetak (buku teks), praktik dan mengerjakan soal studi kasus sehingga mahasiswa kurang memahami materi yang disampaikan dan cenderung menurunkan minat belajar karena kurangnya media yang mendukung dan menarik kegiatan pembelajaran pada mata kuliah Fisioterapi Olahraga dan Kesehatan. Pada penelitian awal melalui penyebaran angket analisis kebutuhan (need assessment) kepada 28 mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, dengan hasil sebagai berikut: dosen pengampu matakuliah fisioterapi dan mahasiswa menghendaki media video sebagai pendukung pelatihan fisioterapi contrast bath.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan jalan keluar dari permasalahan yang ada yaitu dengan mengembangkan pelatihan fisioterapi contrast bath dengan media video. Diharapkan hasil pengembangan ini dapat menjadi solusi dalam pembelajaran, agar mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang lebih antusias dan bersemangat dalam pembelajaran Fisioterapi Olahraga dan Kesehatan.
Metode penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development dari Borg dan Gall. Sedangkan analisis yang digunakan yaitu kuantitatif dan kualitatif untuk menganalisis hasil pengumpulan data dari penelitian awal (analisis kebutuhan), evaluasi ahli, uji coba kelompok kecil dan kelompok besar.
Hasil pengembangan pelatihan fisioterapi contrast bath dengan media video pada mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang secara keseluruhan dapat disimpulkan menarik untuk dilakukan, mudah untuk dilakukan, serta bermanfaat untuk mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Produk pengembangan ini tentang Pelatihan Fisioterapi Contrast Bath Dengan Media Video Pada Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, merupakan pembelajaran yang interaktif. sebagai program pelatihan maka di dalamnya memuat komponen-komponen instruksional yang mampu membimbing dan menuntun proses melakukan keterampilan contrast bath. Produk yang dikembangkan mempunyai kemenarikan karena tayangan konsep fisiologi diringkas dan dikemas dalam animasi bergambar. Pelatihan mudah untuk  dilakukan  dengan  konsep  langkah-langkah  yang  mudah  dipahami. Kebermanfaatan pelatihan keterampilan ini untuk mempemudah mahasiswa dalam pembelajaran Fisioterapi Olahraga dan Kesehatan.