SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2014

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PengembanganPembelajaranMateriNarkobaMenggunakan Media “Elektronik Book” (Ebook) UntukSiswaKelas X SMA.

Wildy Suni Madisa suni madisa

Abstrak


ABSTRAK


Madisa, WildySuni. 2014. PengembanganPembelajaranMateriNarkobaMenggunakan Media “Elektronik Book” (Ebook) UntukSiswaKelas X SMA.Skripsi,JurusanPendidikanJasmanidanKesehatan, FakultasIlmuKeolahragaanUniversitasNegeriMalang. Pembimbing: (I) Drs. HeruWidijoto, M.S(II) Febrita Paulina Heynoek,S.Pd, M.Pd.

Kata kunci:Pembelajaran, Narkoba, Elektronik Book

Materinarkobamerupakansalahsatumateriajar yang harusdisampaikan guru penjaskepadasiswakelas X SMA. Pembelajaranmaterinarkoba di SMA BrawijayaSmart School Malang kurangefektifdanmembosankan.Hal initerjadikarenametodemengajar guru yang kurangmenarikdan media yang digunakanbelummemberikemudahandalammemahamikonsep.Olehkarenaituperludilakukanpenelitianmengenaipembelajaranmaterinarkobadi SMA BrawijayaSmart School Malang tersebut.
Penelitianinidilakukandengantujuanmengembangkanpembelajaranmaterinarkobamenggunakan media E-Bookuntuksiswa SMABrawijayaSmart SchooMalang, sehingggadapatmembantumemperjelas proses penyampaianinformasidari guru kepadasiswa, sertamembantu proses belajarmengajarterutamapenyampaianmaterikesehatantentangnarkoba.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall (1983:775)dan di sederhanakanmenjadi 7 langkahsesuaidariArdhana (2002:9), langkah-langkah tersebut adalah: (1) Melakukan Analisis produk yang akan dikembangkan (2) Mengembangkan produk awal (3) Validasi ahli (4) Uji coba kelompok kecil (5) Revisi produk (6) Uji coba kelompok besar (7) Revisi produk berdasarkan uji coba lapangan.Instrumen yang digunakanadalahberupaangketberisitentangrancanganproduk yang telahdibuat.Teknikanalisis data yang digunakanadalahanalisiskualitatifdankuantitatifberupapersentasedariSudjana, (1990:45).
Pengembanganpembelajaraninidikembangkanmelalui saran danevaluasiparaahli, yaitu 1 ahlipembelajaran, 1 ahli media pembelajarandan 1 ahlikesehatan. Hasilpenelitian yang diperolehbahwalayakdanbisadigunakanolehsiswakelas X serta guru penjas di SMA Brawijaya Smart School Malang.Ahlipembelajaran, ahli media pembelajaransertaahlikesehatanmenyatakanprodukpengembanganinilayakdanmenarikuntukdiberikankesiswasertake guru penjas SMA Brawijaya Smart School Malang. Dari hasilujicobakelompokkecildiperolehhasilpersentase88,46% di kategorikanbaik,sehinggasecarakeseluruhanprodukawalpadapenelitianinilayakdigunakan, tanpamelakukanrevisidanhasilujicobakelompokbesardiperolehhasilpersentase90,19 % di kategorikanbaik, sehinggasecarakeseluruhanprodukawalpadapenelitianinilayakdigunakan. Padatahapini, produkujilapangantidakdirevisidanditetapkanprodukakhir.
Dari hasitersebutdiharapkanpengembanganpembelajaranmaterinarkobainibisamenjadi media baruuntukproespenyampainmaterikesehatankhususnyamaterinarkoba, sehingga proses pembelajarandapatberjalandenganlancar.